Jakarta, (Antaranews Kalsel) - Indonesia menjadi negara tamu atau "Nation on Show" dalam pekan raya "Perth Royal Show" yang berlangsung 24 September hingga 1 Oktober 2016 di Claremont, Australia Barat, demikian keterangan pers Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Perth, yang diterima di Jakarta, Kamis.

       
Konjen RI mengharapkan agar partisipasi Indonesia dengan menampilkan keanekaragaman budaya dan promosi kuliner dapat menjadi daya tarik bagi pengunjung "Perth Royal Show".

Konjen RI juga berharap agar kehadiran Indonesia di pekan raya itu dapat membangun kedekatan budaya dan meningkatkan interaksi antara masyarakat Indonesia dan Australia Barat, serta meningkatkan kunjungan turis Australia ke Indonesia.

Dalam pekan raya tersebut, "stand" Indonesia diisi dengan pertunjukan tarian, musik tradisional dan lagu dari berbagai provinsi di Indonesia. Selain itu, "stand" Indonesia akan melaksanakan lokakarya batik serta lokakarya permaianan alat musik gamelan dan angklung.

Untuk mempromosikan kuliner Indonesia, KJRI Perth menggandeng lima restoran Indonesia di Perth, yaitu Kedai, Manise, Warung Ade, Batavia Corner, dan Bintang Café.

Selanjutnya, KJRI Perth juga menyampaikan informasi mengenai tempat tujuan wisata "Wonderful Indonesia", serta membagikan pamflet kegiatan Trade Expo Indonesia yang akan berlangsung pada Oktober 2016 dan kegiatan "Indonesian Fair" pada November 2016.

Selain itu, KJRI menggandeng perwakilan Garuda Indonesia di Perth dalam mempromosikan penerbangan Garuda Perth-Jakarta dan Perth-Denpasar.

KJRI juga bekerja sama dengan pengusaha batik Indonesia, Batik House dan Riri Leather, yang menjual pakaian, sepatu, tas dan ornamen dari batik. Untuk mempromosikan pengajaran Bahasa Indonesia di Perth, KJRI Perth didukung Balai Bahasa Indonesia Perth.

Konjen Ade Padmo Sarwono mengatakan, partisipasi Indonesia sebagai "Nation on Show" pada "Perth Royal Show" sangat penting karena pameran tersebut mempunyai jangakauan luas kepada pelaku industri dan publik, sehingga menjadi peluang untuk mempromosikan Indonesia di Australia Barat.

"Perth Royal Show" merupakan festival tahunan terbesar di Australia Barat yang diselenggarakan setiap musim semi.

"Perth Royal Show" menjadi ajang pameran dagang, kuliner, kerajinan tangan serta promosi seni, budaya dan pariwisata./f

Pewarta: Yuni Arisandy

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016