Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan melaksanakan studi tiru ke LPTQ Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tilawatil Qur’an.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Pemkab Balangan dan LPTQ untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Tilawatil Qur'an di Bumi Sanggam,” kata Wakil Ketua III LPTQ Balangan Syaifuddin Tailah di Balangan, Senin.

Baca juga: Bupati Saidi beri hadiah umroh kepada kafilah berprestasi

Syaifuddin menuturkan, delegasi LPTQ Balangan mendalami berbagai aspek mulai dari organisasi, manajemen, dan program-program pembinaan yang telah berhasil diimplementasikan oleh LPTQ Sidoarjo sehingga menjadi juara umum MTQ tingkat Provinsi Jawa Timur empat tahun berturut-turut.

Syaifuddin melanjutkan, tujuan utama dari kegiatan ini untuk mendapatkan wawasan yang mendalam dan pengalaman praktis dalam mengelola LPTQ, serta mengadopsi praktik terbaik guna memperkuat keberlanjutan dan efektivitas LPTQ Balangan.

Selain itu ujar Syaifuddin, kegiatan studi tiru ini diharapkan dapat menjadi landasan strategis untuk mengembangkan dan meningkatkan prestasi LPTQ Kabupaten Balangan.

"Kami percaya bahwa kolaborasi dan pertukaran pengalaman seperti ini akan membawa dampak positif yang signifikan bagi para pengurus LPTQ Kabupaten Balangan," ujarnya.

Syaifuddin menambahkan kegiatan ini juga menjadi sarana untuk mempererat tali silaturahmi antar lembaga pengembangan Tilawatil Qur'an di berbagai daerah, yaitu dengan saling berbagi pengalaman agar tercipta sinergi positif yang dapat menguatkan peran LPTQ.

Terakhir dia berharap, studi tiru yang telah dilaksanakan dari 4-7 Januari 2024 tersebut menjadi langkah awal dalam membentuk LPTQ Balangan yang lebih komprehensif dan adaptif terhadap perkembangan zaman.

Baca juga: 46 peserta kafilah HSS dilepas ikuti MTQ ke-34 tingkat provinsi

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024