Pelaihari,(Antaranews Kalsel) – Bupati Tanah Laut, Kalimatan Selatan Bambang Alamsyah mengatakan, untuk meningkatkan produktivitas pertanian di Tanah Laut, Pemkab bersama TNI terus melaksanakan tanam serentak di lokasi cetak sawah baru.
     

“Tanam serentak kali ini kita laksanakan di Desa Handil Birayang Bawah Kecamatan Bumi Makmur,” ujar Bupati Tanah Laut Bambang Alamsyah, di Pelaihari, Selasa (28/9).
     
Menurut dia, cetak sawah baru merupakan salah satu program pemerintah dalam rangka percepatan dan perluasan tanam padi, sehingga produktivitas padi terus meningkat.
     
Diutarakannya, Pemkab Tanah Laut merasa bersyukur karena memiliki lahan pertanian luas untuk bisa mengoptimalkan produktivitas padi.
     
Peningkatan produktivitas hasil pertanian, lanjut bupati, tidak saja mendapatkan perhatian yang khusus dari pemerintah daerah, namun menjadi perhatian serius Presiden RI.
     
Oleh sebab itu, ungkap dia, Presiden RI  meminta TNI untuk membantu pemerintah daerah agar mampu  mencapai swasembada pangan.
     
Untuk itu, sebut dia, melalui cetak sawah seluruh masyarakat Tanah Laut, khususnya para petani terus meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi pertanian.
     
Dengan demikian, terang dia, maka petani dapat  memanfaatkan secara optimal seluruh sumberdaya lahan pertanian yang ada, termasuk menggunakan lahan tidur yang masih tersedia dan potensial.
     
Dia berharap, dengan terus melakukan penanaman padi serentak di lahan sawah baru cetak dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan produksi padi di daerah setempat

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016