Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) peringati perang kemedekaan 2 Januari 1949 atau Perang Palagan Nagara, di Nagara, tepatnya di halaman Pasar Hamayung Jalan Tugu 2 Januari 1949, Kecamatan Daha Utara.

Upacara peringatan juga menampilkan teater kolosal Palagan yang disajikan SMA 1 Daha Utara, sebagai kilas balik para pejuang Nagara melawan belanda dengan semangat jihad yang berkobar.

"Melalui peringatan yang ke-75 Perang Kemerdekaan 2 Januari ini hendaknya dapat membangun kesadaran kita bersama," kata Pelaksana Harian (Plh) Bupati HSS yang juga menjabat Sekretaris Daerah HSS Muhammad Noor, dalam keterangan di Nagara, Selasa.

Dijelaskan M Noor, kesadaran akan persatuan dan kesatuan merupakan modal utama, dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, sejak dahulu sampai dengan masa sekarang.

Baca juga: Pj Bupati HSS hadir malam pergantian tahun di Ponpes Dalpa Kandangan

Berbagai perbedaan yang ada di masyarakat adalah suatu dinamika yang perlu dihormati bersama, dengan tetap menempatkan rasa persatuan dan kesatuan di atas segala-galanya.

"Kita sudah memasuki tahun 2024, di mana pada tahun ini akan dilaksanakan pemilihan umum untuk memilih para wakil rakyat, presiden dan wakil presiden, serta kepala daerah," ujarnya.

Menurut M Noor, tentunya tidak semua akan memiliki kesamaan pilihan, ia mengajak untuk menyikapi dengan arif dan bijaksana, serta tidak mudah terpancing informasi yang tidak benar yang akan merusak kebersamaan.

Dirinya percaya masyarakat Nagara Daha dapat bersikap dewasa nantinya, pada gelaran pesta demokrasi yang akan dilaksanakan.

Lebih lanjut, ia juga berharap dengan kegiatan upacara peringatan pada hari ini agar dapat menjadi renungan dan menghayati arti sebuah perjuangan dan pengorbanan.

"Menjadi inspirasi bagi kita semua, turut berperan aktif dalam pembangunan sesuai dengan peran, fungsi dan kewenangan kita masing-masing," ucapnya.

Baca juga: Penjabat Bupati HSS pantau harga kebutuhan pokok jelang tahun baru

Kemudian, menjadikan para pendahulu dan para tokoh pejuang sebagai tauladan bersama, sama saling bahu-membahu membangun Kabupaten HSS yang lebih baik lagi.

Usai pelaksanaan upacara dilakukan penyerahan bantuan kepada para pejuang veteran atau keluarga veteran yang diserahkan Plh HSS.

Plh Bupati HSS beserta rombongan juga menyempatkan diri meninjau Tugu 2 Januari, yang lokasinya tidak jauh berada di samping tempat pelaksanaan upacara peringatan.

Adapun peringatan ini diikuti ratusan peserta dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, PNS, TNI POLRI, kepala desa, Samping Desa, BPK dan anggota komunitas, unsur pejabat, dan pengurus DHC 45 HSS.

Turut berhadir Wakil Bupati HSS Periode 2018-2023 Syamsuri Arsyad, Forkopimda HSS, anggota DPRD HSS, para camat di wilayah Daha, Ketua MUI Daha Utara, alim ulama, guru agama, serta keluarga pejuang perang kemerdekaan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024