Kepolisian Resor Tabalong, Kalimantan Selatan menggelar konferensi pers akhir tahun 2023 sebagai bagian upaya transparansi kepolisian untuk memberikan informasi kepada publik.

Kapolres Tabalong AKBP Anib Bastian mengatakan media menjadi mitra strategis dalam menyampaikan informasi ke masyarakat.

"Keterlibatan media sangatlah penting sebagai mitra strategis dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat," ungkap Anib di Aula Tatag Trawang Tungga Polres Tabalong di Tanjung, Minggu.

Baca juga: Polres Tabalong ciduk tersangka bawa bahan peledak

Dalam konferensi pers Kapolres didampingi jajaran pejabat utama Polres Tabalong menjelaskan upaya jajarannya memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat mencakup kegiatan preemtif, seperti Jumat Curhat, Minggu Kasih, pembinaan masyarakat dan penyuluhan antinarkoba di sekolah.

Selain itu, kegiatan preventif melibatkan patroli pemeliharaan keamanan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas), patroli gabungan dengan instansi terkait serta pengamanan objek vital dan kantor terkait pemilu.

Terkait kinerja Polres Tabalong selama 2023, jumlah tindak pidana sebanyak 181 kasus mengalami peningkatan sebanyak satu kasus dibandingkan 2022 sebanyak 180 kasus.

Baca juga: Pemuda di Tabalong miliki 2.000 butir obat terlarang

Untuk kasus narkoba 74 kasus, kecelakaan lalu lintas (53 kasus) dan pelanggaran lalu lintas menurun dari 1.632 kasus menjadi 1.065 perkara.

Dalam hal penegakan hukum, Satuan Reserse Kriminal PolresTabalong aktif melakukan razia di tempat rawan tindak pidana hingga penerapan "Restorative Justice" sebanyak 13 kasus.

“Kami sangat bersyukur atas kerja sama dari kalangan media atas kolaborasi dan sinerginya sehingga setiap informasi maupun kegiatan kepolisian yang telah dilaksanakan bisa sampai ke masyarakat secara cepat, akurat serta kredibel,” tuturnya.

Anib juga mengajak masyarakat berperan aktif dalam menjaga keamanan lingkungan sekitar serta bisa berpartisipasi dalam melaporkan potensi kejahatan dan peristiwa yang berkaitan dengan Kamtibmas.

Baca juga: Toko pakaian di Tabalong dibobol mantan pegawainya

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023