PT Jhonlin Group memberdayakan pedagang kaki lima (PKL) di Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan pada acara Batulicin Festival (Batfest) 2023.

"Sebanyak 800 PKL yang antusias mengikuti acara tersebut yang dilaksanakan selama dua hari sejak 30-31 Desember 2023," kata Koordinator Pokja PKL Khalid Ali Atmanagara di Batulicin Sabtu.

Baca juga: Batfest datangkan rezeki bagi pelaku UMKM dan PKL

Dia mengatakan panitia menyediakan stan secara gratis bagi PKL yang berjualan di tempat itu.

Pihak panitia juga menyediakan dua tempat untuk para  PKL di luar area (outdoor) dan dalam (indoor) dengan total kuota sekitar 800 tempat.

"Masih ada  PKL yang ingin masuk untuk berjualan di area itu namun pendaftaran sudah kami tutup," katanya.

Selain tidak dipungut biaya, pihaknya juga memfasilitasi para penjual ini dengan air PDAM, serta listrik yang semuanya gratis.

Menurut Khalid, acara ini juga bertujuan untuk menjadi wadah bagi para PKL untuk ladang atau tempat usaha, serta meramaikan acara tersebut.

Baca juga: Warga Kalimantan bersuka cita sambut event Batfest 2023

Dari sekitar 800 pedagang itu PKL yang hadir tidak hanya dari Kabupaten Tanah Bumbu, namun juga datang dari luar daerah seperti Banjarmasin, Hulu Sungai, bahkan ada yang dari Kalimantan Timur.

Sementara itu, salah satu PKL yang berjualan di lokasi itu Fredrik mengungkapkan sangat senang dapat berpartisipasi dalam acara ini.

"Acara ini sudah lama kita nanti, dan Alhamdulillah bisa ikut bergabung di acara ini," terang dia.

Ia mengharapkan acara ini bisa berjalan terus setiap tahunnya, ada acara Batfest 2024, 2025, 2026 dan seterusnya.

Pada acara ini, juga dimeriahkan artis Ibu Kota, seperti Slank, El Corona, Happy Asmara, D, Masive, Armada, Farel Prayoga, Inul Daratista, Caca Andika.

Baca juga: Sebanyak 50 ribu peserta jalan sehat siap meriahkan Batfest 2023

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023