Balangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, H Ansharuddin menegaskan, rencana pembangunan sarana olahraga terpadu atau sport Centre sudah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Dijelaskan Anshar, Minggu (25/9) dasar pembangunan mengacu kepada visi dan misi serta upaya memajukan olahraga di "Bumi Sanggam".

"Mengenai Sport Centre kami jelaskan sebagai berikut, pertama dasar kita mengacu pada visi dan misi dan sudah tertuang dalam RPJMD, kedua, Balangan belum punya fasilitas olahraga yang berstandar nasional," jelasnya.

Dikatakan bahwa, suatu saat nanti Kabupaten Balangan akan kebagian sebagai pelaksana atau tuan rumah pelaksanaan kejuaraan Provinsi Kalimantan selatan.

"Suatu saat nanti kita akan kebagian sebagai pelaksana kejurprov Kalsel, tentunya itu juga keinginan kita, agar bisa melaksanakan kejurprov di Bumi Sanggam," ujarnya.

Selain itu tambah Anshar, Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan, berharap bisa memajukan olahraga bagi anak-anak.

Disebutkan, untuk pembelian tanah seluas 20 hektare untuk pembangunan sport centre, Pemkab Balangan akan menggandeng PT Adaro Indonesia, kemudian untuk fasilitas olahraganya, mengajukan permohonan dari Kementerian Olahraga Republik Indonesia.

"Kita mendapatkan dana untuk pembelian tanah dari pihak PT Adaro Indonesia, dan fasilitas olahraganya memohon bantuan dari Kementerian Olahraga RI, seperti Martapura, Kabupaten Banjar," sebutnya.

Terkait isu yang santer dibicarakan mengenai lokasi perencanaan sport centre yang jauh dari lokasi, seperti yang di bicarakan di media sosial, yaitu sekitar Desa Gampa, Kecamatan Paringin Selatan, sekitar 20 kilometer dari pusat kota Kabupaten Balangan.

Dimana banyak yang berharap lokasi sport centre agar mudah didatangi, karena bukan hanya sebagai venue olahraga, namun diharapkan sebagai objek wisata agar tidak menjadi mubazir serta tidak dimanfaatkan untuk tempat maksiat.

Atas usul dan masukan warga tersebut, Bupati Balangan mengucapkan terima kasih atas saran masukan, serta keaktifan warga dalam membantu membangun Balangan.

Sementara untuk lokasi Stadion Sepak Bola di Jalan Garuda Maharam, Kecamatan Paringin, Anshar mengatakan belum tahu secara persis permasalahannya.

"Untuk lokasi lapangan Sepakbola di Garuda Maharam kami belum tahu persis, dan kami tidak ingin mengutak atik masalah itu, biarkan masyarakat yanga menilai permasalahannya, serta lokasi di Garuda Maharam itu hanya bisa untuk lapangan sepakbola, sedangkan yang akan dibeli untuk sport centre seluas 20 hektare, cukup untuk membangun semua fasilitas olahraga, sesuai desain perencanaannya," tutup nya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016