Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Seorang jemaah haji asal Kabupaten Hulu Sungai Selatan, atas nama Salmin Darmin Jalaludin (70) warga Desa Hamayung kec Daha Utara belum bisa kembali ke tanah air dikarenakan sedang sakit (koma)  di RS An Nor Mekkah.

Kondisi Salmin yang sakit parah, tidak memungkinkan untuk dibawa pulang, bersama  275 orang jamaah Haji Asal Kabupaten HSS  yang tergabung dalam Kloter delapan tiba di debargasi  Banjarmasin.

"Saat ini, Salmin sedang mengalami koma, dan mendapatkan perawatan intensif dari tim media di rumah sakit tempat dia dirawat," kata seorang panitia haji.

Para jemaah haji HSS, datang di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, sekitar a pukul 22.53 wita, Sabtu (24/9), dan langsung dipulangkan ke Kandangan.

Pada pagi harinya jemaah asal HSS yang tergabung dengan Kabupaten Tanah Bumbu ini tiba di Banua pukul 09.00 wita di Pendopo Kabupaten, dengan menggunakan empat buah bus dan beberapa  mobil dinas kepala SKPD dan camat se Kabupaten HSS, Minggu (25/9).

Para jemaah haji ini langsung disambut oleh Bupati Drs H Achmad Fikry, Wakil Bupati H Ardiansyah  serta ketua DPRD Syamsuri Arsyad.

Ketua  kloter delapan H Abdul Manan menyatakan jemaah haji HSS sebelumnya berangkat 277 orang. Sedangkan  satu orang jamaah haji daerah setempat bernama H Basran Ahmad warga Kandangan wafat di tanah suci di RS King Abdul Aziz pada Kamis malam.

Sedangkan jemaah atas nama Salmin Darmin Jalaludin (70) warga Desa Hamayung kec Daha Utara belum bisa kembali ke tanah air dikarenakan sedang sakit (koma)  di RS An Nor Mekkah.

Dia merinci jemaah haji Salmin Darmin ini koma dikarenakan faktor usia serta kelelahan usai melontar jumrah. Untuk kepulangannya sendiri ke tanah air, jika sembuh baru dipulangkan ikut kloter terakhir, jika tak sembuh juga akan tetap dirawat di mekkah.

Bupati H Achmad Fikry  mengatakan semua ibadah haji telah dijalani dengan lancar. Bupati   juga  meyampaikan selamat datang kembali ke Kabupaten HSS sebagai kampung halaman dan selamat berkumpul kembali dengan sanak keluarga.

"Selaku Bupati HSS beserta masyarakat, mengucapkan selamat datang kembali kepada saudara-saudara sekalian di Kabupaten HSS yang sebentar lagi akan kembali berkumpul dengan keluarga di kampung Halaman masing-masing," ucapnya.

Bupati H Achmad Fikry juga berterimakasih atas pengertian jemaah haji. Yang mana kepulangan haji mungkin saja diluar rencana bapa ibu.

"Pemerintah punya tugas mengantarkan jemaah haji dan menjemput sampai ke kampung halaman,' kata Fikry seraya meminta maaf bilat ada kekurangan saat penyambutan.

Bupati juga berpesan, apa yang dilakukan dan dikerjakan di Mekkah dan Madinah, bisa diterapkan  kembali saat di Banua, untuk mewujudkan  HSS.sebagai daerah  yang agamis salah satunya dengan meramaikan mesjid dan mushala.

" Semoga menjadi haji yang mabrur," doa Bupati H Achmad Fikry.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016