Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan merekrut 906 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) yang tersebar pada 131 kelurahan/desa untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Pendaftaran PTPS akan dibuka pada 2 hingga 6 Januari 2024 di setiap kantor Panwaslu Kecamatan," kata Ketua Bawaslu Tabalong, Mahdan Basuki di Tabalong. Selasa.

Baca juga: Bawaslu Tabalong imbau pejabat jaga netralitas selama Pemilu 2024

Menurut Mahdan, syarat untuk menjadi PTPS cukup mudah, yakni minimal lulusan SMA atau sederajat, usia minimal 21 tahun dan menguasai informasi kepemiluan. 

Pada proses perekrutan PTPS kali ini telah terbantu dengan regulasi terbaru Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2023 tentang Pemilu. 

"Contohnya usia yang awalnya minimal 25 tahun, sekarang diturunkan menjadi 21 tahun. Bahkan apabila tidak ada, bisa 17 tahun dengan mengikuti ketentuan," ujarnya.

Mahdan memastikan proses rekrutmen PTPS melalui tahapan proses yang tepat dan efisien. 

Untuk mengetahui "timeline" dan formulir pendaftaran, Mahdan mengungkapkan masyarakat dapat mengunduh tautan "https://bit.ly/Form_Pengawas_TPS".

Baca juga: Bawaslu dan Polres Tabalong teken kerja sama tugas pengawasan Pemilu 2024

"PTPS memiliki peran krusial sebagai garda terdepan yang mengawasi Pemilu. Terutama pada tahapan pemungutan dan penghitungan suara," ujar Mahdan.

Bawaslu Tabalong bersama Panwaslu tingkat kecamatan dan Panwaslu kelurahan/desa berupaya mendapatkan kader terbaik yang akan mengawasi tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2024.

Mahdan menyebutkan berdasarkan pengalaman pelaksanaan pemilu sebelumnya, PTPS menjadi sentral pengawasan pemilu pada proses pemungutan dan penghitungan suara.
 
Untuk itu, ia berharap PTPS yang terpilih mampu bekerja dengan baik untuk mencegah pelanggaran dan mengatasi persoalan pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

Sesuai rencana, Mahdan menginformasikan PtPS terpilih bakal mendapatkan pembekalan pada Januari 2024.

Baca juga: Parpol diingatkan tidak kampanye usai penetapan DCT caleg

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023