Badan Pengawasan Pemilu  Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan dan Kepolisian Resor setempat menandatangani kerjasama pelaksanaan tugas dan fungsi pengawasan pemilu dan pemilihan tahun 2024. 

Penandatanganan kerjasama oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Tabalong Mahdan Basuki dan Kapolres Tabalong, AKBP Anib Bastian  di Tabalong, Jumat.

Baca juga: Polres Banjarbaru siap wujudkan pemilu damai dan kondusif

"Perjanjian kerja sama ini merupakan tindak lanjut nota kesepahaman antara Bawaslu dan Polri sesuai tingkatan," kata Mahdan. 

Melalui perjanjian kerja sama tersebut, Mahdan berharap sinergisitas Bawaslu dan Polres Tabalong terus terjaga dengan baik dalam pengawasan dan penanganan tindak pidana pemilu melalui Gakkumdu. 

Menurutnya, ruang lingkup perjanjian kerja sama yang disepakati antara lain pertukaran dan pemanfaatan data dan informasi, bantuan pengamanan. 

Kemudian penegakan hukum, peningkatan kapasitas dan pemanfaatan sumber daya manusia, sosialisasi pengawasan partisipatif, dan pengawasan dalam ruang digital. 

"Kerja sama pengawasan dalam ruang digital ini dalam rangka antisipasi berita hoaks, ujaran kebencian serta politisasi SARA di media sosial atau media digital lainnya pada pemilu dan pemilihan 2024," jelasnya.

Untuk mengetahui potensi pelanggaran dan pemahaman mekanisme penanganan tindak pidana pemilu, di tempat yang sama Bawaslu Tabalong juga menggelar rapat fasilitasi Sentra Gakkumdu pada tahapan kampanye. 

Hadir dalam rapat tersebut sejumlah perwakilan partai politik peserta pemilu dan ketua Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Tabalong. 

Sebagai narasumber yakni Jaksa Fungsional pada Kejaksaan Negeri Tabalong, Irfan Susilo, dengan materi potensi tindak pidana pemilu pada tahapan kampanye pemilu 2024, Kasat Reskrim Polres Tabalong, Iptu Galih Putra Wiratama dengan materi penanganan pelanggaran tindak pidana pemilu  2024.

Kemudian, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Tabalong, M. Zainudin, dengan materi strategi pencegahan pelanggaran tahapan kampanye pemilu 2024.

Baca juga: Kapolres Batola ajak parpol bahas kampanye Pemilu

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023