Balangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, terus mengupayakan dukungan dan bantuan kepada para petani dalam upaya mensukseskan program swasembada pangan nasional di wilayah setempat.

Bupati Balangan, H Ansharuddin, saat pelaksanaan program cetak sawah dan tanam serentak di lahan seluas 50 hektare di Desa Piyait, Kecamatan Awayan, Kamis (22/9), mengatakan, pemerintah menyediakan bibit bahkan lahan serta alat pertanian.

"Melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura Perikanan dan Peternakan (PTPHPP) kita gratiskan bibit bagi para petani, serta pembagian mesin traktor untuk keperluan pertanian," ujarnya.

Selain itu lanjut Bupati Balangan, setiap keluhan petani, agar dikonsultasikan dengan dinas pertanian setempat atau dengan para penyuluh pertanian.

"Setiap ada permasalahan, baik masalah irigasi, hama dan penyakit tanaman, segera di konsultasikan, agar segera bisa dicarikan solusinya dan diatasi, jangan didiamkan hingga rusak," jelasnya.

Anshar juga berjanji akan kembali melihat situasi padi saat panen nanti, karena ujarnya, selain sebagai pejabat dan kepala daerah, ia juga merupakan seorang petani.

Bahkan Anshar membuktikannya dengan turun ke sawah untuk menanam padi di lahan cetak sawah tersebut.

Dikatakan Anshar, gerakan tanam padi serentak merupakan bagian dari upaya meningkatkan hasil pertanian, karena dapat mengurangi hama padi dibandingkan tanam padi per-kelompok atau per individu.

"Program tanam padi serentak merupakan salah satu alternatif yang sangat pas dan relevan untuk dapat mencapai tujuan swasembada pangan dan ketahanan pangan nasional," tutupnya.

Pewarta: Roly

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016