Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Saidi Mansyur memantau harga dan ketersediaan (stok) bahan pokok di pasaran guna mengantisipasi kenaikan harga menjelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.
 
Bupati Saidi bersama Forkopimda memantau harga dan stok bahan pokok dengan mengunjungi pasar tradisional Pusat Perbelanjaan Sekumpul (PPS) di Kecamatan Martapura, Kamis.

Baca juga: Wakil Bupati sidak pasar dan monitoring harga sembako
 
"Kami bersama Forkopimda ingin mengetahui harga dan ketersediaan bahan pokok di pasaran sehingga jika terjadi kenaikan harga bisa diambil langkah yang diperlukan termasuk apabila stok kurang," ujar Saidi.
 
Saidi dan Forkopimda, serta pejabat Pemkab mendatangi tempat pedagang berjualan baik pedagang cabai, sayur-sayuran, ayam, telur, beras serta tempat pedagang yang menjual bahan pokok penting.
 
Menurut Saidi, menjelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, harga bahan pokok cenderung mengalami kenaikan karena banyak permintaan masyarakat seperti kebiasaan saat menjelang peringatan hari besar.
 
Ditekankan Saidi, Pemkab Banjar berupaya mengambil langkah yang diperlukan apabila terjadi kenaikan harga dan keterbatasan stok bahan pokok agar masyarakat tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: Bupati Tinjau Stok Dan Harga Sembako
 
"Langkah antisipasi kenaikan harga tentu dilakukan, baik mengimbau pedagang jangan menaikkan harga karena banyaknya permintaan dan juga mengimbau masyarakat jangan membeli berlebihan," ungkapnya.
 
Dikatakan Saidi, hasil pemantauan harga bahan pokok masih relatif stabil namun kecenderungan harga naik tetap dipantau termasuk stok untuk kebutuhan saat menjelang Natal maupun tahun baru.
 
"Harga bahan pokok masih stabil dan stok barang juga tersedia cukup sehingga kami meminta masyarakat jangan melakukan aksi borong yang bisa memicu kenaikan harga karena kurangnya barang," tutur Saidi.
 
Saidi juga mengingatkan agar pedagang tidak menaikkan harga bahan pokok termasuk juga harga makanan dan minuman menjelang Haul KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul pada awal 2024.
 
"Kami berharap harga bahan pokok menjelang peringatan haul Abah Guru Sekumpul tetap normal, tidak ada kenaikan meski pun permintaan dipastikan meningkatkan karena banyaknya kebutuhan," katanya.

Baca juga: Bupati Banjar Sidak Pasar Pantau Harga Sembako
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023