Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Saidi Mansyur mendorong kaum perempuan meningkatkan peran dalam program pembangunan yang dilakukan melalui berbagai sektor demi kepentingan masyarakat.
 
"Perempuan di Indonesia terutama di Kabupaten Banjar harus mengambil peran penting dalam pembangunan baik bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, politik dan sosial budaya," ujarnya di Martapura, Kamis.

Baca juga: Pemkot Banjarbaru raih APE predikat Pratama
 
Pernyataan tersebut disampaikan bupati untuk menyemangati kaum perempuan seiring peringatan Hari Ibu ke-95 tahun 2023 mengusung tema "Perempuan Berbudaya Indonesia Maju".
 
Menurut Saidi, peringatan Hari Ibu menjadi kesempatan yang ideal menghargai peran dan pencapaian perempuan Indonesia dalam berbagai bidang mempromosikan kesetaraan gender.
 
Ditekankan Saidi, perempuan adalah pilar utama dalam membangun satu pondasi kuat bagi pertumbuhan dan juga perkembangan berkelanjutan sehingga peran perempuan sangat diperlukan dalam pembangunan.
 
"Makanya kami mendorong kaum perempuan meningkatkan perannya dalam berbagai bidang sejalan tema peringatan Hari Ibu tahun 2023 yakni Perempuan Berbudaya Indonesia Maju," ucapnya.
 
Kepala Dinas Sosial P3AP2KB Banjar Dian Marliana mengatakan, makna tema yang diusung menginspirasi kaum perempuan agar tetap berdaya guna dan mandiri dalam kehidupan termasuk bidang pembangunan.
 
"Perempuan bukan berarti lemah, tetapi perempuan bisa tetap sama dan sejajar dengan pria sehingga harus meningkatkan perannya dalam berbagai bidang kehidupan di tengah masyarakat," ujarnya.
 
Peringatan Hari Ibu di Kabupaten Banjar digelar, Rabu diisi dengan pemotongan nasi tumpeng dan penyerahan buket bunga dari Bupati Banjar Saidi Mansyur kepada Ketua TP PKK Nurgita Tiyas Saidi Mansyur.
 
Selanjutnya, penyerahan bunga mawar dan kue oleh Ketua TP PKK Banjar kepada Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Persit Kartika Candra Kirana Kodim 1006/Banjar dan Ketua Bhayangkari Polres Banjar.

Baca juga: Peringatan Hari Ibu momentum tingkatkan peran perempuan pada pembangunan
 
Berbagai perlombaan digelar seperti lomba kudapan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Stunting, video perempuan inspiratif pada bidang ekonomi, pendidikan, sosial, budaya, dan lingkungan, launching Kapulaga Manis hingga seminar Hari Ibu.
 
 
 
 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023