Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kotabaru  Kalimantan Selatan, berhasil menyelesaikan pembangunan jembatan penghubung Desa Sungai Bulan dengan Teluk Sirih Kecamatan Pulau Laut Selatan melalui APBD tahun 2023.

"Pembangunan jembatan sudah selesai dilaksanakan 100 persen," Kata Kata kepala Dinas PUPR Suprapti Tri Astuti di Kotabaru, Rabu.

Astuti mengatakan pembangunan Jembatan ini merupakan akses vital bidang pendidikan,sehingga aktivitas warga terutama anak sekolah dapat pergi dan pulang sekolah dengan aman dan nyaman tanpa harus khawatir melintasi jembatan.

Ia juga menambahkan, jembatan ini menjadi akses satu satunya mendorong penggerakan roda perekonomian warga untuk membawa hasil bumi dan hasil laut para nelayan setiap harinya, serta jalan menuju kota Kecamatan Pulau Laut Selatan.

"Sebelum di bangun jembatan terbuat dari material kayu yang kondisinya mengalami kerusakan berat," katanya.

Kabid Bina marga Agus Tri Prasetiawan mengungkapkan, pembangunan jembatan dengan panjang 212 meter dan lebar dua meter ini berupa jembatan beton dengan tiang pancang dengan anggaran Rp4,6 miliar.

"Pembangunan jembatan ini menggunakan anggaran pendapatan belanja daerah ( APBD  ) tahun 2023," kata Agus 

Agus berharap, jembatan ini dapat di manfaatkan seluas luasnya oleh masyarakat dan dapat meningkatkan tingkat perekonomian masyarakat sekitar. 

Kepala Desa Sungai Bulan Sabir mengatakan, jembatan yang dibangun oleh PUPR Kotabaru merupakan penghubung desa yang menjadi satu satunya akses masyarakat baik pedagang, nelayan, dan petani dalam bertransaksi perekonomian ke ibukota kecamatan Tanjung Seloka.

"Terimakasih atas perhatian nya, saya mewakili masyarakat mengucapkan terimakasih kepada PUPR dan pemerintah Kotabaru yang akan membangun jembatan ini," kata Sabir 

Ia menambahkan, kekawatiran warga saat ini di rasakan warga tentang terisolirnya wilayah mereka tidak terjadi lagi dengan sudah selesainya pembangunan jembatan tersebut.

 

Pewarta: Ahmad Nurahsin Qomarudin

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023