Marabahan, (Antaranews Kalsel) -  Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan Supriyono di Marabahan, mengatakan 184 jamaah haji asal  Kabupaten Barito Kuala, sudah tiba di Marabahan. 

 "Rombongan  tergabung di kloter 4 bersama  jamaah haji asal Kabupaten Balangan, Tapin, dan Banjarbaru. Para Jamaah itu sempat diinapkan di Asrama Haji Banjarbaru untuk  pemeriksaan kesehatan," ujarnya,

Menurut dia, sekitar pukul 08.00 Wita seluruh jamaah dipersilahkan menuju kampung halaman masing-masing. Jamaah haji asal Batola berjumlah 184 orang tersebut, sudah termasuk dengan  TPIH dan pendamping. 

Sedangkan 17 orang sisanya termasuk TPIH dan pendamping yang tergabung pada keloter 14 akan tiba pada 30 September 2016 mendatang. Terus dikatakannya, Jamaah haji  Batola itu mereka ada yang berasal dari Kecamatan Marabahan, Wanaraya, Barambai, Tabukan, dan mereka tiba di Marabahan sekitar pukul 09.45 Wita. 

Sebelum menuju tempat tinggal, tutur dia,  jamaah haji Batola terlebih dahulu singgah di Mesjid Agung Al-Anwar Marabahan untuk melaksanakan shalat sunnat tahayatal Masjid untuk bersujud syukur dan ziarah ke Komplek Pemakaman Datu Abdussamad Bakumpai. 

Lebih lanjut dia mengemukakan, kedatangan jamaah  haji asal Batola dari Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru menuju Marabahan itu menggunakan delapan buah bis. 

Terpisah, Kasi Keagamaan Kantor Kementerian Agama Batola Muzakir di Marabahan, mengatakan, jamaah haji Batola yang pulang ke  tanah air semua dalam keadaan sehat. Sementara itu, salah satu jamaah haji  Batola Helman mengatakan, kondisi kesehatan para jamaah haji Batola umumnya tidak mengalami kendala,  sehingga peribadatan yang dilaksanakan semua dapat berlangsung lancar.

Pewarta: Arianto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016