Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bambang Suswantono meresmikan produksi perdana tambang batu bara bawah tanah berskala besar pertama di Indonesia yang berlokasi di Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan.
 
“Saya mengucapkan selamat kepada PT Sumber Daya Energi (SDE) atas pelaksanaan peresmian kegiatan produksi pertama tambang batu bara bawah tanah,” ujar Bambang saat meresmikan tambang batu bara bawah tanah pertama di Indonesia  di Kotabaru, Kalimantan Selatan, Senin.

Baca juga: Kemenkumham Kalsel sebut PT SDE pekerjakan 729 TKA
 
Tambang yang berlokasi di Kotabaru ini merupakan tambang milik PT Sumber Daya Energi yang terafiliasi dengan PT Qinfa dengan luas area 185 kilometer persegi.
 
Lokasi tambang batu bara bawah tanah ini didesain untuk memproduksi batu bara secara maksimal sebanyak 20 juta ton per tahun (tambang batu bara tahap 1 SDE-1 dan tahap 2 SDE-2).
 
Bambang berharap kehadiran tambang batu bara bawah tanah modern ini dapat memberikan kontribusi lebih terhadap penerimaan negara serta menjadi contoh industri pertambangan batu bara dalam negeri, serta mampu membuat iklim investasi di sektor pertambangan batu bara bawah tanah menjadi lebih ramah lingkungan.
 
Dalam sambutannya, ia juga mengingatkan bahwa perusahaan wajib menerapkan kaidah pertambangan yang baik da benar serta pemenuhan atas kewajiban penerimaan negara serta reklamasi setelah menambang.

Baca juga: DPRD desak PT SDE lengkapi perijinan
 
“Juga wajib melaksanakan transfer teknologi dan transfer keahlian ari tenaga kerja asing (TKA) kepada tenaga kerja Indonesia (TKI),” ujarnya.
 
Ia juga menuturkan perusahaan itu wajib melaksanakan program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat sekitar tambang sehingga dampak positif jangka panjang keberadaan industri dapat terdistribusi.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Direktur Qinfa Group Xu Da mengapresiasi dukungan dari Kementerian ESDM dalam memfasilitasi operasi tambang komersial SDE-1.

"Kami memperkenalkan perubahan paradigma salam sektor pertambangan di Indonesia dengan mengoperasikan tambang batu bara bawah tanah dengan teknologi terkini," ujarnya.

Baca juga: Pekerja asing PT SDE dikeroyok tiga pemuda

Pewarta: Sinta Ambarwati

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023