Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) menyatakan peringatan Hari Ibu merupakan upaya mengenang dan menghargai perjuangan perempuan Indonesia saat merebut dan mengisi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Hal itu disampaikan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Provinsi Kalimantan Selatan Husnul Khatimah mewakili Gubernur Kalsel Sahbirin Noor pada peringatan Hari Ibu ke-95 di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Kamis.

Baca juga: Bank Kalsel dukung jurnalis perempuan peringati hari ibu

Peringatan Hari Ibu yang dilaksanakan setiap 22 Desember ini mengambil tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”.

“Peringatan Hari Ibu adalah momen penting sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan terhadap peran perempuan Indonesia dari masa ke masa,” kata Gubernur Sahbirin melalui sambutan yang dibacakan Husnul.

Lebih lanjut, Sahbirin mengatakan perjalanan sejarah yang melatarbelakangi peringatan Hari Ibu, memperlihatkan jejak perjuangan perempuan Indonesia yang telah menempuh jalan panjang untuk mewujudkan peranan dan kedudukan perempuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Peringatan Hari Ibu di Indonesia adalah momen penting bagi penghargaan dan penghormatan terhadap seluruh perempuan Indonesia, atas peran, dedikasi, serta kontribusi bagi keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara,” ucap Sahbirin.

Baca juga: IKWI Kalsel gelar lomba membuat kue dan fashion show kebaya semarakkan Hari Ibu

Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin tersebut berharap peringatan Hari Ibu setiap tahun harus dapat menjadi daya ungkit untuk mendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat luas agar memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan.

“Tidak sembarangan mengapa tema Perempuan Berdaya, Indonesia Maju ini diangkat. Tema ini merupakan panggilan untuk memahami dan menghargai kontribusi yang signifikan yang diberikan oleh perempuan dalam memajukan negara ini," ujar Paman Birin.
 

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPA-KB) Provinsi Kalsel, Adi Santoso mengatakan peringatan Hari Ibu ini merupakan rangkaian dari berbagai kegiatan yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

“Kemarin kita bersama unsur Pemda, TNI dan Polri melakukan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Bumi Kencana Banjarbaru. Selain itu, kita juga melakukan kegiatan baksos serta bazar yang dilakukan oleh organisasi wanita,” ujar Adi.

Baca juga: Forum Jurnalis Perempuan Kalsel buat seminar rayakan hari ibu

Menurut Adi rangkaian kegiatan ini juga diharapkan mampu memperkuat jiwa patriot bangsa sebagai pengabdian dalam bernegara.

“Ini memang merupakan agenda dalam peringatan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023,” tutur Adi.

Pada kesempatan ini, juga diberikan penghargaan kepada sejumlah desa di 13 kabupaten/kota, atas prestasi penguatan kualitas keluarga terbaik.

Penghargaan diserahkan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, didampingi Ketua DPRD Provinsi, Ketua TP PKK Provinsi dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana kepada para Ketua TP PKK kabupaten/kota se Kalsel.

Baca juga: Maknai Hari Ibu 2022 diharapkan pendidikan merata dan perekonomian pedesaan meningkat

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023