Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Saidi Mansyur menggelar rapat koordinasi persiapan menyambut peringatan wafat atau Haul ke-19 KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau akrab disapa Guru Sekumpul.
 
Rapat koordinasi yang dihadiri Kapolres Banjar AKBP Muhammad Ifan Hariyat, Dandim 1006/Banjar Letkol Kav Zulkifer Sembiring, dan perwakilan relawan digelar di Aula Barakat Martapura, Kamis.

Baca juga: Dewan Adat Dayak Kalsel peringati Isra Mi'raj dan Haul Guru Sekumpul
 
"Kita semua berkomitmen bersama dalam menyambut Haul ke-19 Guru Sekumpul 2024 dengan menyiapkan segala sesuatu baik sarana maupun prasarana sehingga pelayanan lebih maksimal," ujar Saidi.
 
Menurut Bupati Banjar, pihaknya telah mempersiapkan sejumlah hal yang didukung Forkopimda dan seluruh pihak terkait dan mengevaluasi sehingga Haul Guru Sekumpul 2024 bisa terlaksana lebih baik.
 
Saidi mengharapkan seluruh pihak termasuk masyarakat Kabupaten Banjar maupun daerah lainnya di Provinsi Kalimantan Selatan dapat menyambut jamaah dengan sebaik-baiknya menjelang haul.
 
"Kami berkoordinasi dengan seluruh unsur Forkopimda dan pihak terkait lainnya untuk menjamin kelancaran acara dan meminta dukungan penuh masyarakat agar saling mendukung kelancaran haul," ucap Saidi.

Baca juga: Ribuan jamaah Guru Sekumpul padati Desa Kambitin
 
Salah satu relawan dari Posko Induk Sekumpul Haji Abdel mengatakan pihaknya belum mengetahui secara pasti tanggal kegiatan haul ulama kharismatik yang wafat pada 5 Rajab atau bertepatan 17 Januari 2005 itu.
 
"Sesuai kegiatan rutin malam Senin di Musala Ar Raudhah, haul ke-19 Abah Guru Sekumpul kemungkinan dimajukan 14 Januari atau diundur tanggal 21 Januari 2024," sebut Abdel.
 
Ditambahkan Abdel, peringatan haul bertepatan masa kampanye dan sesuai pernyataan ahli waris acara bersifat keagamaan sehingga tidak diperkenankan ada klaim atau mengarah ke politik praktis.
 
"Kami sudah melakukan persiapan dan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Polres Banjar dan Dishub dengan membuat peta jalur kegiatan haul guna memberikan kenyamanan bagi jamaah," katanya.
 
Baca juga: Keberkahan haul Guru Sekumpul

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023