Ribuan jamaah memadati Desa Kambitin Kabupaten Tabalong untuk mengikuti peringatan Isra Mi'raj sekaligus Haul Akbar ke-18 KH Muhammad Zaini Abdul Ghani atau Guru Sekumpul di Majelis Nurul Anwar Desa Kambitin.
 
Bupati Tabalong Anang Syakhfiani diwakili Kepala Bappedalitbang Tabalong Muhammad Noor Rifani mengaku terkejut lantaran jamaah yang terdiri dari orang tua, remaja, dan anak berjalan cukup jauh dari Kota Tanjung ke Desa Kambitin untuk memperingati Isra Mi'raj sekaligus haul Guru Sekumpul.

Baca juga: Ribuan jamaah Majelis Nurul Anwar Kambitin padati Haul Guru Sekumpul
 
"Tidak disangka Desa Kambitin yang jauh dari kota Tanjung dipadati ribuan jamaah," kata Noor Rifani melalui keterangan tertulis di Tanjung, Tabalong, Kalimantan Selatan, Minggu.
 
Majelis Nurul Anwar Kambitin asuhan Guru Fahmi Anshari, LC tersebut menggelar peringatan Isra Mi'raj dan Haul Akbar Guru Sekumpul dengan mengundang Habib Muhammad Bagir Bin Idris Alaydrus dari Jakarta.
 
Di hadapan ribuan jamaah, Habib Muhammad Bagir mengajak umat Islam untuk meneladani sikap Guru Sekumpul yang menjaga lisan agar tidak menyakiti orang lain. 
 
Habib Bagir mengungkapkan Almarhum Guru Sekumpul tidak pernah mencela siapa pun saat menyampaikan ceramah atau syiar agama.
 
"Jaga lisan kita dari mencela orang lain. Ikuti guru-guru kita. Guru Sekumpul kepada orang yang memusuhinya, dia doakan. Dia tersenyum kepada siapapun. Mari ikuti apa yang dicontohkan," ujar Habib Bagir.

Baca juga: Keberkahan haul Guru Sekumpul
 
Sementara itu, Direktur Majelis Anwar Kambitin, Muhammad Rus'an mengapresiasi antusias jamaah yang memadati lokasi peringatan Isra Mi'raj.
 
Sejumlah warga Desa Kambitin pun sudah siap dengan mendirikan beberapa titik area dan menyiapkan makanan gratis.
 
"Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh warga Desa Kambitin atas kebaikan hati dan kecintaan mereka kepada Abah Guru Sekumpul," ujar Rus'an.

Ketua Yayasan dari Majelis Nurul Anwar, Erlina Effendi Ilas menambahkan partisipasi jamaah yang tinggi mampu mensukseskan acara tersebut.
 
"Semoga Allah limpahkan karunia-Nya di Desa Kambitin ini. Walau jauh dari kota ke Desa Kambitin akan mewarnai syiar-syiar ke Islaman," ujar Erlina Effendi yang dikenal juga sebagai Ketua KS2 Tabalong.

Baca juga: Kapolda Kalsel: Keamanan dua juta jamaah Haul Guru Sekumpul terjaga

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023