Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan meraih  penghargaan  sebagai kabupaten Terinovatif pada  gelaran Innovative Government Award (IGA) tahun 2023

Penghargaan diterima langsung Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, HM Tito Karnavian di Kantor Kemendagri pada hari Selasa (12/12).

Baca juga: Penanaman modal dalam negeri di Tabalong capai Rp3,2 triliun

"Penghargaan ini menjadi  kado HUT Tabalong ke- 58 selain sebagai kabupaten terinovatif kita mampu menjadi daerah dengan Indeks Inovasi Tertinggi di wilayah Kalimantan-Sulawesi (Regional III)," jelas Bupati Tabalong Anang Syakhfiani dalam press rilis yang disampaikan Diskominfo Tabalong, Rabu 

Penghargaan ini untuk ketiga kalinya diraih Pemkab Tabalong  sejak tahun 2021 dan tahun ini dua inovasi daerah menjadi unggulan.

Masing-masing inovasi Ojek Jual Ikan Dan Sayur Kawal Inflasi (Julak Wasi) dan Pelayanan Perijinan Tabalong Secara Online (Paliat Online) dari 175 inovasi  yang diikutsertakan pada IGA 2023,.

Inovasi Julak Wasi sebuah terobosan besar yang dilakukan Pemkab Tabalong dalam memudahkan jalur distribusi bahan pokok serta mampu mengendalikan inflasi daerah.

Baca juga: Ponpes binaan Adaro promosikan produk unggulan pada Pekan Raya Tabalong

Terbukti pada Oktober 2023 angka inflasi Tabalong 2,49 persen menjadi kabupaten terendah kelima di Indonesia.

Sedangkan inovasi Paliat Online satu upaya meningkatkan pelayanan publik yang memberi kemudahan berusaha bagi investor di Kabupaten Tabalong.

Inovasi ini berdampak signifikan bagi nilai investasi Tabalong yang pada tahun 2022 angka Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di Kabupaten Tabalong mencapai Rp 3,2 triliun  tertinggi di Kalimantan Selatan.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri, HM Tito Karnavian dalam sambutannya mengharapkan Pemerintahan Daerah terus melakukan inovasi dalam rangka menciptakan pelayanan yang berkualitas dan tersistematis.

Mendagri menambahkan pihaknya terus mendorong Pemerintah Daerah di Indonesia untuk terus membuat terobosan dan inovasi yang bermanfaat dan tepat guna.

"Urusan Pemerintahan itu selalu dinamis maka kita harus terus berkreasi dan berinovasi", jelas HM Tito Karnavian.

Hal senada juga diungkapkan Bupati Tabalong   ditengah kompleksitas urusan pemerintahan, SKPD harus terus berinovasi agar kinerja dapat berjalan efektif dan efisien serta mencapai hasil yang maksimal.

"Bahkan tahun 2022 kemarin saya menekankan dalam satu kegiatan ada satu  inovasi", tegas Anang .

Baca juga: 49 pelamar terjaring calon anggota KPU Tabalong
 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023