Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan melaksanakan inspeksi mendadak (Sidak) harga menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

“Kita terus mengawasi ketersediaan bahan pokok dan bahan penting lainnya di seluruh pasar di wilayah Balangan, untuk mengetahui harga yang naik maupun turun dan kita akan mengetahuinya melalui kegiatan sidak pada hari ini,” kata Analis Perdagangan DKUKMPP Balangan Asbit di Balangan, Selasa.

Baca juga: Legislator jadi juri lomba desain motif sasirangan khas Balangan

Asbit menuturkan kegiatan sidak pasar ini digelar dalam rangka hari natal dan tahun baru 2024 yang merupakan agenda kegiatan pihaknya setiap hari besar keagamaan.

Menurut Asbit, sidak ini untuk mengoptimalkan pemantauan serta pengawasan harga dan terkait sering terjadinya kelangkaan barang para pelaku usaha tidak diperbolehkan menimbun barang kebutuhan pokok serta barang penting.

Asbit juga menambahkan, kebutuhan pokok yang melonjak naik yaitu cabai jenis rawit merah sebelumnya harga Rp100 ribu menjadi Rp150 ribu per kilogram dan rawit hijau awalnya Rp90 ribu menjadi Rp100 ribu per kilogram.

Baca juga: DPRD Balangan terus dorong peningkatan ekonomi masyarakat

Kemudian harga yang turun, yaitu gula merek Gulaku dari harga Rp19 ribu jadi Rp18 ribu per kilogram, minyak goreng merek Kunci Mas dari Rp18 ribu menjadi Rp17.500 per liter.

Adapun untuk daging sapi tidak ada perubahan harga, masih diharga Rp150 ribu per kilogram, daging ayam ras mengalami kenaikan yaitu Rp28 ribu menjadi Rp30 ribu per kilogram.

Selain itu juga bawang merah mengalami penurunan harga dari Rp26 ribu menjadi Rp25 ribu, bawang putih mengalami kenaikan dari Rp32 ribu menjadi Rp33 ribu per kilogram.

“Dapat kami simpulkan untuk harga Bapokting di Balangan semuanya masih aman terkendali atau dalam batas toleransi, tidak ada yang mengalami kenaikan yang sangat signifikan, yaitu masih dalam batas kewajaran,” tutur Asbit.

Diketahui, kegiatan tersebut bekerja sama dengan TNI/Polri saat melaksanakan pengawasan harga Bapokting jelang Natal 2023 dan tahun baru 2024 di Pasar Batumandi.

Baca juga: DPRD Balangan: Bantuan Alkon untuk BPK terealisasi lewat aspirasi warga

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023