Pemerintah Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan meluncurkan dua aplikasi pelayanan digital demi kemudahan bagi masyarakat, yakni Santunan Kematian secara online (SMS-ON) dan Sistem Online Hibah (SOHIB).

"Peluncuran dua aplikasi guna lebih mendukung transformasi digital ini sebagai wujud komitmen Pemkot Banjarbaru memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat," ujar Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru Said Abdullah di Banjarbaru, Senin.

Baca juga: Mahasiswa ULM ciptakan aplikasi "Nyayur" tingkatkan produksi petani

Said berharap seluruh elemen masyarakat mendapatkan kemudahan pelayanan dari seluruh inovasi yang diterapkan Pemkot Banjarbaru terutama Dinas Komunikasi dan Informasi.

Selain itu, Said juga menekankan aplikasi tersebut memberikan kemudahan berbagai urusan yang berkaitan dengan administrasi agar masyarakat semakin cepat dan tepat mendapatkan pelayanan publik yang diperlukan.

"Sesuai tujuannya yakni memberikan kemudahan bagi seluruh masyarakat sehingga kami meminta aplikasi bisa lebih memudahkan masyarakat yang ingin mengurus kepentingan tanpa ada hambatan," ungkapnya.

Baca juga: Pemkot Banjarbaru nilai kinerja dan penghasilan ASN melalui aplikasi E-Kinerja

Dikatakan Said, aplikasi SMS-ON menjadi tonggak bersejarah dalam pelayanan masyarakat karena sudah dirancang memberi kemudahan mengakses dan mengurus santunan kematian secara cepat dan efisien.

Sementara, SOHIB Banjarbaru adalah inovasi memanfaatkan kecanggihan teknologi sehingga dapat membuka akses yang lebih luas bagi setiap masyarakat untuk mengurus warisan dan hibah secara online.

"Penerapan aplikasi SMS-ON dan SOHIB Banjarbaru diharapkan tidak hanya mempermudah pengurusan proses administratif, tetapi juga menciptakan rasa kepercayaan dan kenyamanan masyarakat," katanya.

Baca juga: Pemkot Banjarbaru permudah layanan masyarakat melalui aplikasi "Idaman Publik"
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023