Balangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, H Ansharuddin pimpin peringatan Hari Ulang Tahun ke 71 Palang Merah Indonesia Tingkat Kabupaten Balangan yang dilaksanakan, Senin (19/9) di Halaman Kantor Bupati setempat. 

Bupati H Ansharuddin mengajak dan mendorong agar PMI meningkatkan keikutsertaan relawan muda untuk berpartisipasi aktif disetiap gerakan kemanusiaan. 

"Sejak dini, mereka harus didorong untuk berperan menjadi agen atau pelopor untuk menyebarkan pemahaman kepada sebayanya dan masyarakat mengenai pentingnya gerakan kemanusiaan dalam kehidupan saat ini", katanya.

Karenanya "Pengabdian Sejak Dini Untuk Generasi Berkemanusiaan di Masa Datang" yang berarti kaum muda sebagai agen perubahan menjadi tema penting untuk terus digalakkan di momen peringatan HUT PMI kali ini.

Aksi kemanusiaan dapat diwujudkan dalam penanganan bencana, masalah kesehatan, donor darah dan pelestarian lingkungan.

Kehadiran PMR yang berpangkalan di setiap sekolah baik Mula, Madya, maupun Wira akan menjadi 'peer educator' yaitu penyampai pesan, contoh, dan teladan, serta kegiatan edukasi lainnya," ujarnya.

Orang nomor satu di kabupaten berjuluk "Bumi Sanggam" meminta PMI Balangan melalui Unit Transfusi Darah terus melalukan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya donor darah. Selain berguna bagi kesehatan, juga dapat mengetahui berbagai penyakit dan sekaligus merupakan amal ibadah.

Turut hadir pada kesempatan ini pengurus cabang PMI Balangan, Pengurus PMI Ranting serta perwakilan PMR sekolah.

Pada upacara ini juga diserahkan piagam kegiatan Jambori PMI tingkat Nasional oleh Bupati Balangan H Ansharuddin kepada perwakilan PMR sekolah. 

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016