Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan Matnor Ali menyampaikan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2024 mengalokasikan dana untuk pembangunan jembatan di Sungai Martapura.
 
Matnor di Banjarmasin, Kamis, mengatakan pembangunan jembatan tersebut menghubungkan wilayah Sungai Bilu di Banjarmasin Tengah dan Sungai Jingah di Banjarmasin Utara.

Baca juga: Banjarmasin mulai bangun jembatan ke-7 di Sungai Martapura
 
"Rencana pembangunan jembatan ini sudah dianggarkan dalam APBD Tahun 2024. Namun besaran anggarannya saya tidak ingat," ujarnya.
 
Dinyatakan dia, pembangunan jembatan kedelapan di Sungai Martapura yang merupakan sungai besar di Kota Banjarmasin memang sudah lama dirancang.
 
Dengan tujuan, ucap dia, jembatan ini akan memecah kepadatan arus lalu lintas di kedua wilayah terdapat.
 
Pihak legislatif juga terus mendorong Pemkot Banjarmasin untuk mewujudkan hingga sepakat membahas rancangan APBD Tahun 2024 untuk merealisasikan pembangunan jembatan tersebut.
 
"Kita bersyukur semua berjalan lancar, moga dalam pengerjaan juga demikian nantinya," kata Matnor Ali.
 
Sebelumnya, Wakil Wali Kota Banjarmasin H Arifin Noor memastikan Pemkot Banjarmasin berkomitmen menambah jembatan yang membentang di Sungai Martapura.

Baca juga: Kalsel kemarin, 15 ribu anak yatim hingga serius bangun jembatan
 
Direncanakan dua jembatan, yakni di daerah Sungai Gampa Kecamatan Banjarmasin Utara untuk menghubungkan ke Jalan Pramuka, Banjarmasin Timur.
 
Kemudian jembatan kedua dibangun di wilayah Sungai Bilu di Banjarmasin Tengah dan Sungai Jingah Banjarmasin Utara.
 
Untuk jembatan Sungai Bilu ke Sungai Jingah ini, kata Arifin, dirancang dengan desain jembatan gantung, yakni jembatan yang tidak bisa dilalui kendaraan roda empat.
 
"Tentunya anggarannya tidak sebesar bangun jembatan Sungai Gampa tadi, ini hanya sekitar Rp30 miliar," tuturnya.
 
Sedangkan jembatan Sungai Gampa ke Jalan Pramuka ditaksir anggarannya mencapai Rp360 miliar, karena lebar Sungai Martapura sekitar 200 meter.

Baca juga: Banjarmasin serius bangun jembatan kedelapan di Sungai Martapura
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023