Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menjadwalkan kampanye perlindungan anak dan perempuan selama 16 hari pada Desember 2023.
 
Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina di Banjarmasin, Kamis, menyampaikan dukungan aksi itu untuk peringatan Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan Tahun 2023.
 
Menurut dia, kampanye anti kekerasan harus terus digalakkan, terlebih saat ini Kota Banjarmasin memiliki satu kelurahan yang telah menjadi juara ditingkat nasional untuk kategori penghapusan kekerasan dalam rumah tangga, yakni, Kelurahan Teluk Dalam.
 
Dia pun berharap komunitas masyarakat dapat menjadi mata, telinga serta peringatan dini terhadap masyarakat sekitar jika melihat aksi kekerasan, utamanya terhadap anak dan perempuan.
 
"Kita harus peduli kiri kanan, kita harus peduli kalau seandainya ada tetangga kita atau lingkungan yang melakukan kekerasan anak dan perempuan. Kita harus peduli sekarang," ujarnya.
 
Sebagai kepala daerah, Ibnu Sina menegaskan sangat tidak mentolerir berbagai aksi kekerasan, utamanya dalam rumah tangga menimpa anak dan perempuan.
 
Dia pun meminta bagi masyarakat yang mengetahui terjadinya aksi tidak terpuji itu untuk melaporkannya, bisa lewat panggilan darurat 112 milik Pemkot Banjarmasin.
 
"Insyaallah awal tahun 2024 kita operasionalkan call center 112, sebagai panggilan darurat," tuturnya.
 
Dengan kehadiran pelayanan tersebut, nantinya dia berharap, pelayanan terhadap masyarakat Kota Banjarmasin semakin lengkap, dan aksi kekerasan dalam rumah tangga dapat diminimalisir. 
 
"Ada juga hotline UPTD PPA Kota Banjarmasin di Nomor 082250453333. Ini nomor whatsapp untuk melaporkan kekerasan," tuturnya.
Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina didampingi Wakilnya H Arifin Noor saat memperingati Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan tahun 2023 di Balaikota Banjarmasin, Kamis (7/12/2023). (ANTARA/HO-Humas Pemkot Banjarmasin.)

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023