Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Dahnial Kifli mengatakan, Kawasan Industri Jorong (KIJ) sebagai bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) menjadi investasi jangka panjang bagi pembangunan Tanah Laut.

“Proyek ini jelas jangka panjang, jangan sampai KIJ statusnya dicabut dari PSN lantaran tidak dikelola dengan baik,” ucap H Dahnial Kifli, saat membuka acara Forum Group Discussion (FGD) tentang Penyusunan Perencanaan Awal  Pembangunan Jangka Panjang Daerah (Ranwal RPJPD) Tanah Laut Tahun 2025-2045, di Aula Mangkubumi Kantor Bappeda setempat, Senin.

Apalagi di area KIJ terdapat Pelabuhan Pelaihari, sebut dia, merupakan sarana pendukung pelaksanaan PSN.

Dia berharap, agar pengelola KIJ saat ini dapat menjalankan tugas secara maksimal.

“Terlebih yang membanggakan kita, pengelola ini berasal dari lokal, tidak dari luar. Mudah-mudahan profesional,” lanjutnya. 

Dia juga berharap, PSN-KIJ menjadi bagian dalam Ranwal RPJPD Tanah Laut 2025-2045 memberikan dampak,  terutama dalam sektor ekonomi, baik peningkatan terhadap pendapatan daerah maupun masyarakat sekitar KIJ. 

"RPJPD ini juga bakal menjadi pedoman bagi kepala daerah terpilih dalam menjalankan roda pemerintahan nantinya," tegasnya.

Pada kesempatan itu,Tim Penyusunan Ranwal RPJPD Tanah Laut  2025-2045 dari UGM menjabarkan langsung hasil kajian mereka kepada seluruh pejabat di SKPD lingkup Pemkab Tanah Laut,  terutama bagian perencanaan.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023