Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Milad Kesultanan Banjar ke-512 akan digelar di Kota Banjarmasin yang akan dipusatkan di Masjid Sultan Suriansyah, Banjarmasin Utara, pada 22 Oktober 2016.

Menurut Ketua Panitia Milad ke-512 Kesultanan Banjar, Pangeran Suryasari di Balaikota Banjarmasin, Jumat, pihaknya sudah menghadap Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina untuk berkoordinasi akan digelarnya acara tersebut, dan responnya positif.

Kunjungan pihaknya itu didampingi langsung Raja Banjar Sultan H Khairul Saleh dan Ketua Dewan Mahkota Kesultanan Banjar Pangeran H Rusdi Effendi AR.

"Kegiatan Milad Kesultanan Banjar ini beriringan dengan peringatan tahun baru Islam 1438 hijriah, sekaligus memeriahkan hari jadi ke-490 tahun Kota Banjarmasin," tuturnya.

Dalam kegiatan Milad ini, ungkap Suryasari, akan dimulai dengan kegiatan susur sungai menuju pusat kegiatan resminya di Mesjid Sultan Suriansyah, di mana masyarakat umum dilibatkan.

"Pakaian melayu juga yang akan dikenakan Raja Banjar nantinya, jadi konsep acaranya pesta rakyat," bebernya.

Dikatakan dia, acara Milad ini akan melibatkan masyarakat, kerjasama dengan masyarakat sekitar terkait penanganan massa, melibatkan rombong atau gerobak dan jukung-jukung makanan pasar terapung untuk dinikmati masyarakat secara gratis dan merangkul tokoh masyarakat Kuin.

Demikian juga, lanjut Suryasari, kerjasama dengan pemerintah kota, wali kota turut mengundang para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan aparatur pemerintah lainnya, seperti camat dan lurah.

"Acara puncaknya nanti pidato tahunan Yang Mulia Sultan Banjar dan ada juga pemberian gelar pangeran, datu, astaprana dan cendikia bagi tokoh-tokoh di daerah ini," terangnya.

Sultan Banjar H Khairul Saleh yang diangkat menjadi Raja Banjar pada 2010 bertepatan dengan 10 Muharram 1434 H mengharap masyarakat bisa ikut menyukseskan acara besar ini dengan harapan untuk mempererat jalinan tali siraturrahmi.

"Mari terus kita lestarikan kebudayaan Banjar dan jaga terus keamanan dan kedamaian banua kita ini," ujar mantan Bupati Banjar dua priode tersebut.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016