Pemerintah Kabupaten Banjar menerima dana alokasi Transfer ke Daerah (TKD) 2024 sebesar Rp2,18 triliun untuk pembiayaan daerah dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.
 
Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al Habsy menerima dana alokasi TKD dari Gubernur Kalsel Sahbirin Noor didampingi Ketua DPRD Kalsel Supian HK di Gedung Idham Chalid Perkantoran Pemprov Kalsel di Banjarbaru, Jumat.

Baca juga: Bupati Saidi apresiasi DPRD atas pengesahan perda pertanggungjawaban APBD
 
"Alhamdulillah, kami sudah menerima transfer dana TKD Tahun Anggaran 2024 yang segera disusun dan dananya akan digunakan untuk pembiayaan daerah tahun depan," ujar Wabup Banjar Said Idrus.
 
Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengatakan alokasi dana TKD Tahun Anggaran 2024 diserahkan kepada 13 kabupaten/kota di Kalsel yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) 2024.
 
"Alokasi dana APBN Kalsel tahun 2024 terdiri dari Dipa Kementerian/ lembaga sebesar Rp8,69 triliun dan dana Transfer ke Daerah sebesar Rp29,09 triliun," ujar Sahbirin.
 
Sahbirin mengharapkan penggunaan keseluruhan dana dapat segera berjalan, tepat sasaran dan tepat waktu sesuai tugas pokok masing-masing daerah yang telah menyusun program dan kegiatan.

Baca juga: Galeri Foto - Bupati terima berita acara pengesahan APBD 2023 dari pimpinan DPRD
 
Sahbirin mengajak bupati dan wali kota di Kalsel untuk menempatkan APBN sebagai instrumen penting demi mewujudkan keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.
 
"Kami berharap dan hendaknya ini semua menjadi perhatian secara khusus yakni segera mengambil langkah-langkah optimalisasi penyerapan anggaran sejak awal tahun 2024," pesan Sahbirin.
 
Diharapkan pula Sahbirin, pengesahan APBD paling lambat triwulan pertama pada 2024, juga akselarasi pada DAK fisik melalui penyelesaian kontrak serta peningkatan realisasi penyaluran DAU untuk belanja pegawai PPPK.
 
Penyerahan dana alokasi TKD diisi penyerahan piagam penghargaan atas kinerja terbaik pemda dalam penyaluran dana desa dan DAK fisik, KPPN kinerja terbaik penyaluran TKD dan peluncuran aplikasi kinerja dan layanan unit kerja "Sijaya Unik".

Baca juga: Bupati Banjar sampaikan pendapat akhir APBD 2023

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023