Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Laut (Disdik Tala), Kalimantan Selatan Abdillah mengatakan, Disdik Tala berupaya meningkatkan  akses pelayanan pendidikan dan memenuhi sarana maupun prasarana penunjang  pendidikan di daerah tersebut.

"Program berikutnya adalah, meningkatkan kualitas pendidikan. Peningkatan kualitas pendidikan tersebut terkait dengan kompetensi guru dan jumlah guru dengan peningkatan kompetensi," ujar Kadisdik Tala Abdillah di Pelaihari, Rabu.

Menurut dia, termasuk saat ini Disdik Tala melakukan program sekolah penggerak dan guru penggerak di Tanah Laut dan pelayanan pendidikan sesuai amanat perundang-undangan .

Pada 2023, sebut dia, banyak kegiatan dilaksanakan dalam  peningkatan  pengetahuan dan kompetensi untuk sekolah.

Bahkan, sebut dia, Disdik Tala telah melaksanakan bimbingan teknis berupa implementasi penerapan kurikulum merdeka pada semua jenjang pendidikan di daerah tersebut.

"Kita juga memberikan bimbingan teknis bagi para pendidik, terkait sekolah inklusi. Kita ingin sekolah inklusi pelayanan pendidikannya  bebas dari diskriminasi," harapnya.

Artinya, jelas dia, anak-anak berkebutuhan khusus harus terlayani pendidikannya, sesuai konstitusi negara RI dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.

"Dimana disebutkan setiap rakyat Indonesia mempunyai hak dalam pendidikan," tegasnya.

Hal tersebut, papar dia, memberikan pengetahuan kepada seluruh kepala sekolah dan guru di Bumi Tuntung Pandang tentang pendidikan inklusi dan kurikulum merdeka.

Lebih lanjut dia mengemukakan, dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di daerah tersebut, Disdik Tala sudah mengukuhkan sebanyak 56 guru penggerak yang saat ini sedang melaksanakan proses pendidikan.

"Ke depan akan ada semacam program panen hasil dari proses pendidikan mereka direncanakan di Politeknik Tanah Laut," terangnya.

Diknas Tala, sambung dia, ingin setiap kecamatan di Kabupaten Tanah Laut memiliki guru penggerak.

Diknas Tala, sambung dia,  tidak lupa memberikan apresiasi kepada guru-guru berprestasi di tingkat provinsi maupun nasional pada malam Inagurasi di Politeknik Tanah Laut.

"Syukur Alhamdulillah Tanah Laut meraih predikat terbaik tingkat provinsi jenjang Sekolah Taman Kanak-kanak dan Pamong Belajar dari SKB," paparnya.

Yang lebih membanggakan lagi, ucapnya,   guru TK Al-Munawarah Kecamatan Bati-Bati Janahtul Ma'wah meraih terbaik kedua tingkat nasional.

Kemudian, tambahnya, siswa-siswi Tabah Laut pada ajang O2SN tingkat nasional  mewakili Kalsel untuk cabang karate dan pencak silat.

Pewarta: Arianto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023