Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menggiatkan program sekolah taat peraturan daerah (Perda) untuk menciptakan keamanan dan ketertiban.
 
Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman di Banjarmasin, Selasa, mengatakan upaya langkah nyata itu dilakukan berkolaborasi bersama musyawarah kerja kepala sekolah dan pembinaan kepada anak sekolah.

Baca juga: Banjarmasin bangun kesadaran pengelolaan sanitasi di sekolah
 
"Khususnya tingkat sekolah menengah pertama (SMP) yang menjadi binaan pemerintah kota," ujar dia.
 
Dia pun menyampaikan program yang diinisiasi Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Kota Banjarmasin tersebut sebagai langkah membangun kesadaran sejak dini bagi siswa dan siswi yang mulai tumbuh jadi remaja.
 
Sehingga, lanjut Ikhsan, remaja di Kota Banjarmasin menjadi duta menciptakan lingkungan aman dan tertib dengan segala peraturan daerah yang dipatuhi.
 
Ikhsan menyampaikan seluruh pihak terkait menandatangani komitmen bersama untuk langkah awal di lingkungan sekolah.
 
"Penandatanganan ini bukan sekadar acara seremonial, tetapi langkah konkret dalam mendukung kebijakan pragmatis satu arah untuk menciptakan sekolah taat pada peraturan daerah," ujarnya.
 
Ikhsan menyoroti peran strategis Satpol PP dalam menegakkan peraturan daerah di tingkat lokal.

Baca juga: Pemkot Banjarmasin buka sekolah bagi calon ayah dan ibu
 
"Satpol PP bukan hanya sebagai penegak hukum, melainkan mitra yang turut bertanggungjawab dalam menciptakan ketertiban dan perlindungan masyarakat," tambahnya.
 
Kemudian, Ikhsan juga memberikan penekanan khusus pada peran anak anak sekolah sebagai duta peraturan daerah.
 
"Anak-anak sekolah memiliki peran penting sebagai agen perubahan dalam menyebarkan semangat ketaatan terhadap peraturan di lingkungan sekolah dan sekitarnya," katanya.
 
Dia menegaskan komitmen penuhnya dalam menciptakan budaya ketaatan terhadap peraturan daerah. 
 
"Kami berharap ini tidak hanya mengajak masyarakat untuk seremoni, tetapi juga bergerak bersama menuju masyarakat yang taat pada peraturan, menjadikan kota ini lebih aman dan tertib, khususnya di kalangan anak remaja," demikian kata Ikhsan.

Baca juga: DPRD Banjarmasin prihatin masih ada cerita bullying di sekolah

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023