Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif melalui sosialisasi sadar wisata.

"Sosialisasi sadar wisata ini bertujuan dalam rangka menggali potensi-potensi pariwisata yang ada di Kabupaten HSU untuk lebih kita kembangkan,” kata Kepala Disporapar HSU Syaifullah di HSU, Selasa.

Baca juga: Banjarmasin gerakkan konten kreator bantu promosikan wisata

Syaifullah menyebutkan untuk di Kabupaten HSU, ada sejumlah tempat wisata menarik seperti Candi Agung, Taman Putri Junjung Buih, Mesjid Sungai Banar, Kerbau Rawa, Pulau Sambujur dan lainnya.

Menurut Syaifullah melalui kampanye sadar wisata yang digalakkan oleh Disporapar Kabupaten HSU, dia berharap lebih banyak orang dapat menikmati keindahan dan keunikannya sambil memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi lokal.

Syaifullah melanjutkan dengan berbagai upaya penyuluhan dan promosi guna menarik wisatawan untuk mengunjungi, serta mengenal lebih jauh potensi pariwisata yang dimiliki oleh Kabupaten HSU.

"Mudah-mudahan dengan diadakannya sosialisasi ini menambah pengetahuan bagi Pokdarwis tentang kepariwisataan di daerah ini," harapnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pariwisata Disporapar HSU Junaidi Gunawan, menjelaskan tujuan dari sosialisasi sadar wisata ini mencakup beberapa hal yaitu memberikan pemahaman kepada peserta mengenai peran Pokdarwis dan mahasiswa dalam membangun serta mengembangkan sektor pariwisata.

Baca juga: Pemkab HSU bangun sarana pendukung pada wisata kerbau rawa

Kemudian lanjut Junaidi meningkatkan pemahaman, pengetahuan, serta keterampilan dalam mengelola potensi desa wisata agar pelaku pariwisata dapat menjadi tuan rumah yang ramah bagi wisatawan yang berkunjung.

“Juga memberikan informasi kepada peserta mengenai beragam destinasi wisata yang ada di Kabupaten HSU,” tutur Junaidi.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023