Wakil Ketua DPRD Hulu Sungai Tengah (HST) Taufik Rahman menyampaikan dukungannya atas rencana percepatan Musyawarah Daerah (Musda) DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) HST, yang saat ini digalang beberapa OKP di daerah setempat.

"Saya sependapat dan perlu ditegaskan bahwa percepatan musda kalau bisa lebih cepat, maka akan lebih baik," katanya saat memberikan komentar kepada ANTARA, di Barabai, Ahad.

Dijelaskan Taufik, percepatan dirasa sangat penting dilakukan, karena melihat perkembangan sekarang ini,  di mana pergerakan KNPI yang mewadahi organisasi kepemudaan tidak terorganisir dengan baik.

Disamping menurut informasi yang dirinya terima dari pengurus DPD KNPI Provinsi Kalimantan Selatan, untuk kepengurusan DPD KNPI HST telah dicaretaker pengurus provinsi.

Baca juga: OKP HST bersepakat dukung percepatan musyawarah daerah KNPI

"Jadi kita mengharapkan dengan adanya percepatan, agar organisasi ini bisa bergerak dan memberikan kemanfaatan bagi pembinaan organisasi kepemudaan serta kaderisasi dapat berjalan berkelanjutan," ungkap pria yang disapa Bang Upik ini, serta merupakan Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI) Kabupaten HST.

Menurut Taufik, apalagi di saat-saat menjelang pelaksanaan pemilu, tentunya KNPI akan bisa hadir dan memberikan peran sebagai perekat persatuan, khususnya di kalangan kepemudaan dengan program yang diusung nantinya.

Di masa-masa pemilu sebagai pesta demokrasi supaya bisa berlangsung aman, damai, lancar dan tertib serta gembira, organisasi sebesar dan sekelas KNPI bisa memberi warna tersendiri.

"KNPI nantinya bisa berpartisipasi mengawal suksesnya pemilu, memberikan pencerahan, pendidikan politik para pemilih pemula, memerangi berita bohong atau pun isu yang dapat memecah belah suasana kondusif di daerah," ucapnya yang sebelumnya juga menjabat Ketua DPD KNPI Periode 2018-2021 dengan terpilih secara aklamasi.

Baca juga: Tak selesaikan administrasi, Selimi terancam tidak akan dilantik menjadi ketua KNPI HST

Selain itu, dirinya pun mengapresiasi setelah mendengar dukungan dari pemerintah daerah melalui Disporapar HST, yang punya keinginan sama membina dan membesarkan kembali KNPI sebagai wadah organisasi kepemudaan.

Dukungan ini tentunya akan sangat berarti dalam upaya mengayomi organisasi KNPI sebagai organisasi induk dan banyak OKP yang terhimpun di dalamnya.

"Hubungan yang sudah terjalin baik antara KNPI dan pemerintah daerah ini kita harapkan makin sinergis di kepengurusan KNPI mendatang," ujarnya.

Baca juga: Ketua KNPI HST inventarisir data OKP lengkap sebelum musda

Diingatkan dia, banyak orang yang begitu susah mengejar menjadi jabatan dan posisi di pengurus KNPI seperti menjadi ketua, padahal tantangan terberat bukan merebut posisi atau jabatan, tetapi bagaimana bisa menghidupi organisasi.

Sebelumnya juga diberitakan, Wakil Sekretaris DPD KNPI Provinsi Kalsel M Najmuel Muttaqin, mengatakan musda bisa dilakukan oleh DPD KNPI HST dan mempersilahkan agar bisa dilaksanakan.

"Langkah ini upaya kita bersama dalam menghidupkan KNPI HST, silahkan diselenggarakan musda pasca kevakuman kegiatan KNPI di sana," kata Najmuel yang juga Koordinator Wilayah (Korwil) untuk KNPI HST.

Baca juga: Panitia diberi waktu hingga akhir September 2021 persiapkan Musda XV KNPI HST

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023