Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) di Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) bersepakat untuk percepatan Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) daerah setempat.

"Pada prinsipnya kami dari  Gerakan Pemuda (GP) Ansor HST mendukung pelaksanaan musda untuk kepengurusan Dewan Pengurus Daerah (DPD) KNPI," kata Ketua GP Ansor HST, Muliadi, di Barabai, Jum'at.

Dijelaskan Muliadi, dukungan ini dengan pelaksanaan musda tidak ada pelanggaran aturan dan direncanakan sesuai mekanisme yang ada, sehingga dapat menghasilkan kepengurusan dan program kerja yang mumpuni dan terpercaya.

Baca juga: Tak selesaikan administrasi, Selimi terancam tidak akan dilantik menjadi ketua KNPI HST

Dan kalau pun syarat-syarat sesuai ketentuan telah terpenuhi, pelaksanaan musda dalam waktu segera bisa dilaksanakan dengan membentuk kepanitiaan musda baik untuk unsur steering committee (sc) dan organizer committee(oc).

Sekretaris DPD KNPI HST, Rustam Effendi mengatakan secara pribadi tidak mempersoalkan apabila musda segera juga dilaksanakan di HST, karena memang sudah ada diskusi dengan beberapa pengurus untuk rencana musda tersebut.

"Kita ingin mengaktifkan kembali organisasi KNPI ini, menghidupkannya untuk wahana pembinaan dan kreatifitas berorganisasi generasi muda, jadi kami juga mendukung pelaksanaan musda apabila bisa dilaksanakan dalam waktu segera," kata Rustam.

Baca juga: Ketua KNPI HST inventarisir data OKP lengkap sebelum musda

Menurut Rustam, untuk kondisi saat ini pihaknya kesulitan berkoordinasi, disamping kepengurusan yang ada tidak dilantik, jadi agak sulit untuk bergerak dan termasuk menjalin kemitraan dengan stakeholder terkait.

Dukungan pelaksanaan musda juga datang dari Wakil Sekretaris DPD KNPI Provinsi Kalsel, M Najmuel Muttaqin, mengatakan musda bisa dilakukan DPD KNPI HST dan mempersilahkan agar bisa dilaksanakan.

"Langkah ini upaya kita bersama dalam menghidupkan KNPI HST, silahkan diselenggarakan musda pasca kevakuman kegiatan KNPI di sana," kata Najmuel yang juga Koordinator Wilayah (Korwil) untuk KNPI HST.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023