Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Hulu Sungai Selatan (Kab. HSS) menggelar lomba olahraga tradisional, kebugaran dan tantangan, yang diikuti ratusan peserta dari kalangan pelajar dan masyarakat umum.

"Event kita ini dalam rangka menyambut dan memeriahkan hari jadi ke-73 Kabupaten HSS, sekaligus dalam upaya bersama melestarikan olahraga tradisional kita," kata Ketua KORMI HSS yang juga merupakan Wakil Ketua I DPRD HSS Haji Kartoyo, di Kandangan, Sabtu.

Dijelaskan dia, olahraga yang dipertandingkan dalam acara ini antara lain balogo, egrang, lari balok, ketapel atau bakatikan, senam poco-poco, senam aerobik, senam jantung sehat dan SKJ, senam kreasi, dan silat budaya.

Baca juga: DPRD: Rapat APBD 2024 pastikan efisiensi dan efektivitas alokasi anggaran

Festival dibuka Penjabat (Pj) Bupati HSS H Hermansyah, ditandai pelepasan balon bersama unsur Forkopimda HSS, kegiatan berlangsung dua hari, dari tanggal 26 hingga 26 November 2023 mendatan, di kawasan Stadion 2 Desember.

"Saya menyambut baik Festival KORMI ini demi melestarikan olahraga tradisional di tengah masyarakat kita, sekaligus sebagai sarana untuk menjaga kesehatan tubuh dengan olahraga," ujar Pj Bupati HSS yang juga pengurus KORMI Provinsi Kalsel.

Dijelaskan dia, ini merupakan bukti bahwa KORMI selalu membudayakan olahraga olahraga rakyat dan olahraga olahraga tradisional, tentu pihak ikut berbangga ini bisa dilakukan di HSS.

Kegiatan dilakukan dengan maksud dan tujuannya adalah bagaimana menggelorakan semangat olahraga rakyat dan olahraga tradisional yang selalu dibudayakan.

 "Sehingga ini diharapkan dapat menjadi kebiasaan kita yang baik dalam melestarikan olahraga tradisional yang ada di Banua Kalsel, termasuk di HSS," ucapnya.

Baca juga: DPRD HSS harapkan pengabdian terbaik pj bupati untuk masyarakat HSS

Lebih lanjut, ia juga mengucapkan terimakasih kepada semua unsur yang terkait agar ke depanya kegiatan ini tetap dilaksanakan, bahkan di setiap kecamatan.

Dan olahraga tradisional benar-benar merakyat hingga akhirnya muncul bibit-bibit yang terbaik, membawa nama baik Bumi Rakat Mufakat, HSS.

Pada kesempatan ini, Pj Bupati HSS juga menyerahkan piagam penghargaan kepada Juara 1,2 dan 3 pemenang lomba Senam Jantung Sehat di rangkaian festival KORMI.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023