Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Teluk Dalam Banjarmasin, di Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriah memotong lima hewan kurban untuk dibagikan kepada warga binaan dan masyarakat sekitar Lapas.

"Hari raya kurban tahun ini kami sembelih tiga ekor sapi dan dua ekor kambing," kata Kalapas Teluk Dalam Banjarmasin Hendra di Banjarmasin, Senin.

Dia mengatakan, ada sekitar 2.280 narapidana yang merayakan Idul Adha di Lapas setempat baik muslim maupun non muslim semua campur menjadi satu untuk melaksanakan pemotongan hewan kurban.

Pihak Lapas melakukan penyembelihan hewan kurban dikarenakan ingin berbagi kepada sesama baik kepada warga binaan maupun kepada masyarakat sekitar Lapas.

"Hewan kurban ini berasal dari swakelola karyawan Lapas dan warga binaan yang berkeinginan melaksanakan ibadah kurban," ucapnya.

Hendra sapaan akrab Kalapas terus mengatakan, untuk waktu besuk warga binaan dilakukan H+2 Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriah.

Sementara itu seorang Narapidana Lapas Teluk Dalam Banjarmasin Bambang mengatakan perayaan Idul Adha di dalam Lapas tidak berbeda dengan di luar sana karena perlakuan pihak Lapas sangat manusiawi seperti layaknya keluarga besar.

"Saya sudah tiga tahun mendekam di Lapas ini dan setiap tahun merasakan hari raya kurban semua dilaksanakan dan rasa kekeluargaan sehingga tidak ada perbedaan," tuturnya.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016