Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Pemkab Batola), Kalimantan Selatan menggelar upacara pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tahun 2023, Senin.

Sekretaris Daerah Kabupaten Batola H Zulkipli Yadi Noor membacakan sambutan tertulis oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes-RI) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, hanya dengan sinergi yang kuat dan kolaborasi yang erat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat, enam pilar transformasi kesehatan bisa ditegakkan untuk perubahan lebih baik.

Pada rangkaian peringatan HKN diserahkan pula penghargaan Bidang Kesehatan Tingkat Kabupaten Batola berupa,  penghargaan Puskesmas dengan status akreditasi paripurna pada survei akreditasi, lomba Posbindu tingkat kabupaten.

Selanjutnya, lomba Posyandu tingkat kabupaten, lomba kelurahan/desa  ber-  Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tingkat Kabupaten Batola, Lomba Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Award Tingkat Kabupaten Tahun 2023 dan Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan  pada Desa Hilir Masjid,. Kecamatan Anjir Pasar.

Penghargaan juga diberikan kepada Lomba Sekolah Sehat Tingkat Kabupaten Batola Tahun 2023 diraih SDN Ulu Benteng 2 Kecamatan Marabahan dan MTSN 2 Barito Kuala Kecamatan Marabahan.

Kemudian, turut diserahkan apresiasi kepada tenaga Nakes dan non Nakes, meliputi Kefarmasian Puskesmas Terbaik Tahun 2023, Tenaga Teknik Kefarmasian dan Pegawai Terbaik di lingkungan RSUD H Abdul Aziz Marabahan.

Masih dalam rangkaian tersebut, pada peringatan HKN tersebut diserahkan ambulan air (speed boat) pada Puskesmas Tabunganen dan Puskesmas Lepasan serta Pengadaan Pusling roda dua pada Puskesmas Kuripan. 

Setelah pemberian penghargaan dilanjutkan pencanangan pemberian Imunisasi Hepatitis B bagi tenaga medis  dan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular (PTM), di Aula Selidah Marabahan.
Pemkab Batola menggelar pencanangan pemberian Imunisasi Hepatitis B bagi tenaga medis  dan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular (PTM), di Aula Selidah Marabahan, Senin (20/11/2023).(ANTARA/HO-Diskominfo Batola).

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023