Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) Irjen Pol Andi Rian Djajadi menekankan jajarannya mengutamakan tugas dan fungsi untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dalam memberikan pelayanan.

“Sesuai Undang Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri, tugas utama kepolisian adalah untuk menjaga dan memelihara kamtibmas,” kata Andi Rian di Banjarmasin, Kalsel, Rabu.

Baca juga: Kapolda Kalsel ingatkan mahasiswa terkait batasan unjuk rasa

Ia menyebutkan setelah kamtibmas, tugas kedua adalah memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

“Jika kamtibmas dan pelayanan masyarakat tidak berjalan dengan seimbang, maka tugas ketiga kepolisian adalah menegakkan hukum sesuai dengan aturan yang berlaku,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Polda Kalsel dan jajaran Polresta Banjarmasin melaksanakan bakti sosial berupa penyaluran bantuan sosial ribuan paket sembako dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sekitar.

Selain itu, Polda Kalsel dan jajaran juga memberikan santunan untuk anak yatim, pembagian kartu BPJS Ketenagakerjaan, dan bantuan kursi roda beserta tongkat untuk alat bantu jalan bagi masyarakat yang mengalami keterbatasan fisik.

Baca juga: Kemenko PMK dan Polri tanam sejuta pohon di Kalsel

Menurut Andi Rian, bakti sosial merupakan salah satu upaya kepolisian untuk memelihara kamtibmas di tengah-tengah situasi dan kondisi banyaknya masyarakat mengalami keterbatasan ekonomi. Kemudian untuk menekan laju inflasi daerah guna menjaga daya beli masyarakat terhadap kebutuhan pokok sehari-hari.

Dia mengungkapkan kepolisian harus hadir sebagai pemecah dan pemberi solusi atas persoalan yang dihadapi masyarakat. Apalagi menjelang Pemilu 2024, ia meminta jajarannya mampu merangkul masyarakat untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif.

“Meskipun intensitas politik mulai meningkat setelah penetapan capres dan cawapres, saya minta kita yang di daerah saling bahu membahu mewujudkan pemilu yang damai dan gunakanlah media sosial secara bijak,” ujar Andi Rian.

Baca juga: Polres Barito Kuala jaga gudang logistik pemilu 1x24 jam

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023