Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang (PUPR) Kotabaru Kalimantan Selatan memperkenalkan aplikasi Sistem Informasi Tata Ruang (SIMTARU) sekaligus memperingati hari tata ruang nasional di Ballroom Hotel Grand Surya Pulau Luat Utara.

"Aplikasi ini diluncurkan bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat baik perorangan maupun badan usaha  mengenai informasi ruang apabila berkeinginan untuk membangun tempat usaha," kata Kadis PUPR Suprapti Tri Astuti di Kotabaru, Senin.

Tuti mengatakan, aplikasi ini Hal ini sebagai upaya untuk memberikan akses informasi kepada masyarakat tentang tata ruang, agar masyarakat mengetahui kesesuaian tata ruang pada saat mereka ingin melakukan kegiatan berusaha maupun yang sudah memiliki ruang berusaha.

"Dengan adanya aplikasi SIMTARU ini tentunya memudahkan masyarakat dalam mengakses dan mengatur tata ruang pembangunan agar mengetahui kawasan mana saja yang tidak melanggar aturan yang sudah di tetapkan berdasarkan Undang-undang yang berlaku saat ini," ujarnya

Ia juga menjelaskan, aplikasi SIMTARU ini merupakan versi pertama dibuat, jadi tentunya masih banyak kekurangan di dalamnya, sehingga mungkin ada beberapa informasi yang belum bisa diakses, dan kedepannya semoga nantinya berguna untuk informasi tata ruang terutama untuk masyarakat kecamatan yang ada di Kabupaten Kotabaru.

Tuti berharap, aplikasi ini mampu menyebarluaskan informasi dan dapat di terapkan oleh masyarakat sehingga masyarakat memahami tentang penetapan kesesuaian ruang untuk melakukan usaha.

Kepala bidang tata ruang PUPR Obet Tarukallo menyampaikan, bahwa aplikasi SIMTARU ini tidak hanya berfungsi sebagai media informasi kepada masyarakat, tetapi masyarakat bisa melakukan pengecekan kegiatan kesesuaian ruang dengan usaha yang akan dilakukan sehingga menghindari hal hal yang bertentangan dengan peraturan.

lebih lanjut Obet menerangkan, bagi masyarakat yang ingin mengetahui sistem kesesuaian pengecekan ruang dan ingin mengetahui wilayah tata ruang silahkan masyarakat dapat mengakses di website HTTPS://SIMTARU.KOTABARUKAB.GO.ID

Kegiatan tersebut di hadiri camat se Kotabaru dan Assosiasi Badan Usaha Kabupaten Kotabaru serta tamu undangan lain.

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023