Penjabat (Pj) Bupati Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan Mujiyat mengatakan, Musabaqah Tilawatil Qur’an sebagai syiar Islam dilaksanakan dengan bahagia dan penuh rasa cinta. 

“Musabaqah Tilawatil Qur’an sesungguhnya syiar Islam dengan momen dibuat bahagia dan bagian dari  kita meraih suatu pahala," ujar Pj Bupati Batola Mujiyat, pada pembukaan MTQ ke-54 se- Kabupaten Batola Tahun 2023, di Halaman Kantor Kecamatan Anjir Pasar, Jum'at malam. 

Baca juga: Kesbangpolinmas Batola gelar tes urine di empat SKPD

Menurut dia, kalau syiar Islam diselenggarakan serius dan maksimal, maka hal itu menunjukan sangat mencintai ajaran agama Islam. 

"Seluruh kegiatan bersifat Islami akan membawa sebuah arah kebaikan," terangnya. 

Setiap Tahun MTQ diselenggarakan, sebut dia,  untuk mendidik masyarakat Batola selalu memahami nilai-nilai Qur’an sebagai pegangan hidup.

Mujiyat juga mengatakan, panitia setiap malamnya akan membagikan hadiah bagi pengunjung. 

"Pembagian hadiah merupakan rasa syukur dan bahagia atas terlaksananya MTQ di Batola yang merupakan syiar Islam untuk mencintai Al Qur’an," demikian tutupnya.

Baca juga: Batola govt, TP-PKK hold B2SA meal festival

Ketua Pelaksana MTQ  Muhammad Yusuf mengatakan, Pelaksanaan MTQ sebagai  bagian dari pembinaan dan pengembangan potensi masyarakat di bidang seni membaca Al-Qur'an sebagaimana diprogramkan  LPTQ Batola. 

“Melestarikan dan membudayakan kecintaan masyarakat terhadap seni baca tulis Al Qur'an utamanya mampu mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari, “ucap Camat Anjir Pasar.

Sebelumnya tepat pukul 19.00 Pj Bupati Batola Mujiyat melepas pawai mobil hias  Kafilah MTQ kecamatan di sekitaran Anjir Pasar.

MTQ Kabupaten Batola Tahun 2023 tersebut mengusung tema “Melalui MTQ Nasional Ke-54 Tingkat Kabupaten Barito Kuala Kita Bangun Masyarakat Qur’ani Menuju Barito Kuala Yang Berdaya Saing, Inspiratif, Sportif Dan Amanah (BISA). 

Selanjutnya, pada pembukaan MTQ, Pj Batola Bupati Mujiyat turut melantik dewan hakim dan juri bertugas selama MTQ berlangsung dari tanggal 10 hingga 13 November 2023. 

Kafilah MTQ ke-54 Tingkat Kabupaten Batola Tahun 2023 berasal dari 17 kecamatan se-Kabupaten Batola dengan jumlah peserta sebanyak 427 orang.

Kemudian dalam kesempatan itu, Pj Bupati Batola  Mujiyat bersama Sekdakab Batola Zulkipli membagikan hadiah langsung berupa sepeda dan televisi kepada dua orang kafilah. 

Baca juga: PMI Kalsel salurkan bantuan kepada ratusan rumah di Jajangkit

 

Pewarta: Arianto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023