Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru, Kalimantan Selatan menggelar seminar nasional dengan menghadirkan content creator asal Jakarta Vina A Muliana sebagai salah satu Narasumber.

Dalam seminar  yang  mengusung tema "Growth Mindset dalam Persiapan Memasuki Dunia Kerja" Vina berbagi pengalaman dan wawasan terkait tips memasuki dunia kerja dan soal rekrutmen.

"Posisikan diri seperti gelas setengah penuh sehingga lebih mudah  menerima masukan dan berkolaborasi dengan orang lain," jelas Vina di Kota Banjarbaru, Sabtu.

Baca juga: Poliban intensifkan seminar internasional soal ekonomi dan bisnis era 5.0

Vina Muliana yang pernah meraih penghargaan Best of Learning and Education dari TikTok Awards Indonesia pada 2022 juga mengingatkan para peserta seminar jika masuk ke lingkungan baru atau dunia kerja jangan bawa kebiasaan lama dan bersikap sok tahu.
 
Karena itu growth mindset yakni cara berpikir yang terus berkembang dan tumbuh sangatlah penting dalam memasuki dunia kerja di bidang apapun.

Selain Vina hadie pula narasumber dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalsel Sumanto serta  Denny Kurniawan, S.Sos.I. M.I.Kom trainer ESQ-ARM ESQ Kalselteng.
 
Dalam pemaparannya Sumanto menjelaskan soal salah satu inovasi bidang ketenagakerjaan yakni 
Aplikasi SIAPkerja (Sistem dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan) yang diluncurkan Januari 2022.
 
Ketua Panitia Luthfi Sylva Saputra serahkan cinderamata kepada narasumber dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalsel, Sumanto pada acara seminar nasional yang dilaksanakan BEM Fakultas Teknik ULM Banjarbaru di aula BTIKP Provinsi Kalsel, Sabtu. (ANTARA/Herlina Lasmianti)
Aplikasi ini salah satu  satu strategi pemerintah dalam memberikan layanan yang masif, terjangkau dan adil terkait akses informasi ketenagakerjaan bagi seluruh masyarakat.

Ketua pelaksana seminar Luthfi  Sylva Saputra mengatakan seminar ini   menanggapi makin ketatnya  persaingan memasuki dunia kerja karena itu  diperlukan  persiapan memasuki dunia kerja.

Baca juga: Poliban undang akademisi Jerman dan Malaysia pada ISVEES 2023

"Seminar ini  diharapkan dapat  memberikan gambaran dan pengetahuan kepada peserta  mengenai persiapan memasuki dunia kerja yang  disampaikan  narasumber yang sangat luar biasa dan ahli di bidangnya," jelas Luthfi.

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Dekan 3 Prof Dr  Ir Abdul Ghofur, S. T., M.T., IPM., ASEAN. Eng dan  Ir Ahmad Ali Syafi'i S.T., M.T selaku moderator.

 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023