Sebanyak 18 grup paduan suara mengikuti lomba paduan suara saat Milad ke-111 Muhammadiyah 2023 di Provinsi Kalimantan Selatan.
 
Lomba tersebut diselenggarakan Lembaga Seni Budaya dan Olahraga (LSBO) Muhammadiyah Provinsi Kalimantan tersebut yang diikuti peserta dari seluruh kabupaten/kota se-Kalsel di Aula Kayuh Baimbai, Balaikota Banjarmasin, Sabtu.

Baca juga: Muhammadiyah Kotabaru gelar milad ke 109
 
Ketua DPW Muhammadiyah Kalsel Prof. Dr. Ridhahani Fidzi memberikan apresiasi lomba yang meriah diikuti keluarga besar Muhammadiyah dari berbagai daerah di provinsi ini.
 
"Ini kegiatan pertama kalinya dilaksanakan dalam bidang seni, antusias peserta cukup banyak," ujarnya.
 
Bahkan dia menginginkan, pemenang lomba paduan suara ini akan tampil pada puncak perayaan Milad Muhammadiyah sekitar 18 November 2023.
 
Untuk menyanyikan mars Muhammadiyah "Sang Surya" sebagai yang dilombakan pada paduan suara ini, ucap Ridhahani Fizi.
 
Dia pun menyampaikan, mars Muhammadiyah ini harus dihayati bait demi bait untuk bisa dirasakan maknanya yang sangat dalam.
 
Dalam rangka menyambut Milad ini, kata Ridhahani, tentu tidak hanya acara seremoni menyanyikan lagu mars, tapi ada penghayatan sekaligus mengejawantahkan nilai dan makna dari syair pada kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Husairi akui kiprah Muhammadiyah jadi teladan
 
Sesuai tema Milad Muhammadiyah tahun 2023 ini, ungkap Ridhahani, yakni "Berikhtiar menyelamatkan semesta".
 
Ketua Lembaga Seni Budaya dan Olahraga (LSBO) Muhammadiyah Kalsel Hesly Junianto menyampaikan lomba paduan suara ini diikuti peserta dari beberapa kabupaten/kota di provinsi ini untuk tingkat umum dan siswa sekolah.
 
Diungkapkan dia, lagu wajib yang dinyanyikan adalah mars Muhammadiyah berjudul "Sang Surya" dan lagu pilihan kedua adalah lagu Banjar.
 
Hesly pun menyampaikan, lomba ini mendapat perhatian tidak hanya dari pimpinan Muhammadiyah Kalsel, namun juga pusat.
 
"Secara nasional juga direncanakan akan digelar lomba serupa," ujarnya.
 
Dia pun menyampaikan terimakasih atas dukungan yang besar dari DPW Muhammadiyah dan Pemerintah Kota Banjarmasin hingga kegiatan ini bisa berjalan lancar.
 
"Terimakasih atas semua yang telah membantu dan terlibat hingga acara ini bisa sukses," demikian kata Hesly.

Baca juga: DPRD sampaikan Milad ke-108 Muhammadiyah
 
Pembukaan lomba paduan suara dalam rangka Milad Muhammadiyah ke-111 tahun 2023 yang diselenggarakan Lembaga Seni Budaya dan Olahraga Muhammadyah Kalsel di Aula Balaikota Banjarmasin, Sabtu (11/11/2023). (ANTARA/Sukarli)

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023