Pelaksana tugas Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan H Husairi Abdi mengakui kiprah Organisasi Keagamaan  Muhammadiyah selama ini di berbagai bidang untuk terus dilanjutkan.

"Seiring Miladnya yang ke 109, saya berharap Muhammadiyah terus melanjutkan kiprah dan perannya terus mampu menjadi teladan dalam menebarkan kebaikan dan kemanfaatan bagi kehidupan umat, bangsa dan negara,." ujar Husairi di Amuntai, Ahad (19/12).

Husairi mengatakan, selama ini peran Muhammadiyah bisa dirasakan diberbagai bidang seperti pendidikan, ekonomi, sosial kemasyarakatan, amal-amal usaha dan lainnya.

Plt Bupati HSU lantas menyampaikan ucapan Selamat Memperingati dan merayakan Milad ke 109  bagi seluruh warga Muhammadiyah,  pengurus wilayah, cabang dan ranting.
Penampilan paduan suara dari Angkatan Muda Muhammadiyah pada Resepsi Milad ke 109 Muhammadiyah di Desa Tigarun HSU, Ahad (19/12). (ANTARA/Eddy A/Humpro Setda HSU)

Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah HSU H. Sulikan Sariyun  mengajak warga Muhammadiyah agar tetap optimis dalam menghadapi Pandemi COVID-19 yang belum sepenuhnya hilang bahkan muncul berbagai varian barunya seperti Delta dan Omicron.

"Kita sebagai warga Muhammadiyah mengapresiasi dan berterima kasih kepada pemerintah daerah, Satgas COVID-19, jajaran kesehatan, TNI Polri dan segenap pihak yang  berhasil dalam melakukan pencegahan atau menekan kasus COVID-19 di HSU," kata Sulikan.

Sedangkan Ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah Kalsel H Tajuddin Noor menyampaikan terima kasihnya kepada warga Muhammadiyah dan Aisiyah yang berbondong - bondong dengan biaya sendiri untuk mensukseskan Milad ke 109 tingkat Kabupaten  HSU dan mengambil tema 'Optimis Hadapi  COVID-19 Menebar Nilai Utama'.
 
Plt Bupati HSU H Husairi Abdi menyerahkan penghargaan kepada tokoh Muhammadiyah yang dinilai memberi kontribusi bagi organisasi dan masyarakat pada Resepsi Milad ke 109 Muhammadiyah di Desa Tigarun HSU, Ahad (19/12). (ANTARA/Eddy A/Humpro Setda HSU)

Peringatan Milad ke 109 Muhammadiyah di Kabupaten HSU dipusatkan di Dewan Pengurus Cabang Sungai Malang tepatnya di Komplek Panti Asuhan Al Muslimun Desa Tigarun Kecamatan Amuntai Tengah.

Berbagai kegiatan dilaksanakan seiring Peringatan (Resepsi) Milad kali ini yakni bazar dan stand, dimeriahkan display drumband Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM), penampilan paduan suara kader PCM  Sungai Malang dan tabligh Akbar oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Banjarmasin (UMB).Prof. Dr. H. Ahmad Khairudin, M.Ag.

Ahmad Khairudin dalam tausiyahnya mengingatkan pentingnya memahami agama Islam (Al Qur'an dan as Sunnah) secara tekstual dan kontekstual serta komprehensif agar tidak terjebak dalam pemahaman yang ekstrim, namum mampu menghadirkan dan menjadi umat yang tengah-tengah (ummatan wasatha).
Pengurus Cabang Muhammadiyah Kab HSU KH Sulikan Sariyun menyerahkan simbolis bantuan bencana dari LAZISMU kepada warga terdampak  pada Resepsi Milad ke 109 Muhammadiyah di Desa Tigarun HSU, Ahad (19/12). (ANTARA/Eddy A/Humpro Setda HSU)

Prof. H. Khairudin juga mengingatkan pentingnya memahami agama secara mendalam mengingat pentingnya ilmu agama sebagai pedoman dan penuntun hidup seorang muslim, khususnya warga Muhammadiyah. 

Turut berhadir Wakil Ketua TP. PKK Kab. HSU,  Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari, PWM Kalimantan Selatan, Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Aisyiyah se Banua enam dan Barito Timur, Majelis Ulama Indonesia  Kab.HSU, Tanfidiyah NU dan Muslimat NU, Kepala SKPD Pemkab HSU, Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah se HSU, Pimpinan Ortom dan sejumlah tamu undangan lainnya.
Plt Bupati HSU H Husairi Abdi bersama Pengurus Wilayah Kalsel dan Cabang Muhammadiyah Kab HSU dengan para penerima bantuan beasiswa dan bencana LAZISMU pada Resepsi Milad ke 109 Muhammadiyah di Desa Tigarun HSU, Ahad (19/12). (ANTARA/Eddy A/Humpro Setda HSU)


Dalam Milad kali ini juga diserahkan bantuan beasiswa Mentari dari LAZISMU Kalsel, bantuan bencana dari LAZISMU HSU dan penghargaan bagi tokoh tokoh Muhammadiyah atas jasa dan pengabdiannya bagi Muhammadiyah di HSU. 

Pihak Panitia Zainuddin melaporkan milad  terselenggara berkat dukungan dan bantuan dari PDM HSU serta bantuan/ dukungan dari warga Muhammadiyah dan Aisiyiyah se Kabupaten HSU.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021