Balangan, (Antaranews Kalsel) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Selatan, memuji kesiapan Kabupaten Balangan, dalam bersiaga menghadapi ancaman bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Dikatakan Kapolda Kalsel, Brigjen Pol Erwin Triwanto, Minggu (4/9) saat meninjau kesiapan satgas bencana karhutla di terminal Paringin, Balangan, bahwa hanya Balangan yang memiliki inovasi cara penanggulangan bencana kebakaran.

"Dari beberapa kabupaten yang kita kunjungi, baru di Balangan yang memiliki inovasi sendiri untuk memadamkan api, apalagi alat yang disiapkan untuk para satgas memadamkan api, dapat dikatakan mudah, praktis, cukup bermanfaat dan sederhana, serta bisa menjangkau wilayah yang tak bisa dimasuki oleh mobil pemadam," ujarnya.

Kapolda Kalsel Brigjen Pol Erwin Triwanto  menyampaikan dirinya merasa bangga akan kasiapan masyarakat Balangan khususnya para satgas yang telah meluangkan waktunya dan membantu menangani masalah bencana Karhutla dan Kabut Asap yang terjadi di kabupaten Balangan.

"Terlebih saya merasa bangga, kepada Kapolres Balangan, Pemerintah Daerah, Masyarakat, TNI dan pihak perusahaan yang siap siaga mengatasi masalah Karhutla ini," Ujar Erwin.

Selain itu ujarnya, cara dan inovasi yang dilakukan oleh Kabupaten Balangan, bisa pula ditiru oleh kabupaten lainnya.

"Ini bisa menjadi contoh buat kabupaten lain. Jadi, tidak perlu mengeluarkan dana yang banyak untuk pengadaan alat bantu pemadaman api. Apalagi alat yang digunakan lebih efisien di daerah yang tidak dapat dijangkau oleh armada roda 4," ungkapnya.

Selanjutnya, dengan didampingi Kapolres Balangan AKBP Moh Zamroni, Bupati Balangan H Ansharuddin, Wakil Bupati Balangan H Syaifullah, Anggota TNI Kodim 1001 Amuntai-Paringin, Sekretaris Daerah Ir Ruskariadi, Ketua DPRD Abdul Hadi dan unsur FKPD lainya, Kapolda Kalsel memeriksa satu persatu kesiapan Satgas dan alat bantu pemadaman api yang dibawa masing-masing satgas.

Ratusan Satgas Penanggulangan Bencana berkumpul dengan masing-masing membawa alat bantu memadamkan api. Satgas yang tergabung dari berbagai macam kesatuan seperti Polisi, TNI, BPBD, BNPB, Dishutbun, Depsos, Dinkes dan relawan tidak lupa juga membawa armada untuk memadamkan api.

Baik itu mobil tanki pemadam, maupun mobil pic up terbuka yang di modifikasi dengan menempatkan tandun air serta mesin pompa dan selangnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016