Universitas Ahmad Yani Banjarmasin dan PT. Inggan Karya Nusantara (IKN) melakukan kerja sama berupa penandatanganan nota kesepahaman dalam rangka meningkatkan kreativitas mahasiswa menciptakan ketahanan dan kedaulatan pangan serta keberlangsungan regenerasi petani.

Rektor Universitas Ahmad Yani Banjarmasin Hastirullah Fitrah melakukan penandatangan langsung bersama Direktur Utama PT. IKN Hendra Cipta Surya di Banjarbaru pada Jumat (29/9) lalu.

“Universitas Ahmad Yani Banjarmasin berupaya meningkatkan kreativitas dan inovasi mahasiswa untuk menyongsong bonus demografi,” kata Hastirullah saat dikonfirmasi di Banjarbaru, Selasa.

Pada kesempatan itu, dilakukan serah terima karya esai kegiatan Management Essay Competition 2023 yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Manajemen Universitas Ahmad Yani Banjarmasin dan diserahkan secara langsung oleh panitia pelaksana kepada pihak juri dari PT. IKN. 

Hastirullah berharap kompetisi tersebut menghasilkan karya dari para penulis muda yang mampu memberikan inovasi untuk mendukung tujuan Indonesia Emas pada 2045 mendatang.

Menurut dia, kompetisi tersebut mampu menciptakan perubahan positif untuk memajukan ilmu pengetahuan dan memperkuat nilai-nilai luhur bangsa.

Dia menjelaskan, dengan adanya penandatangan nota kesepahaman itu, Universitas Ahmad Yani Banjarmasin dan PT. IKN akan bersama sama membuat program-program edukasi berupa seminar maupun praktek kerja lapangan yang memberikan dampak keberlangsungan dalam dunia ketahanan pangan dan juga kebermanfaatan bagi mahasiswa berupa pengalaman dan Insentif tambahan.

Sementara itu, Direktur Utama PT. IKN Hendra Cipta Surya menyampaikan perlunya wawasan kedaulatan pangan disampaikan pada kegiatan kolaborasi bersama mahasiswa tersebut.

Dia mengungkapkan melalui salah satu program PT.IKN yakni “Jaga Ketahanan Pangan” mampu mengajak para mahasiswa untuk mulai berpikir cerdas serta mengasah mental guna memunculkan minat berwirausaha agar terciptanya regenerasi sumber daya manusia (SDM) bermental pengusaha terutama keperdulian terhadap keberlangsungan regenerasi petani.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023