Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan Rizkianor Fauzi mengharapkan para petani dapat menerapkan ilmu-ilmu dari kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek). 

"Kita berpesan agar peserta yang ikut bimtek ini bisa memakai keilmuannya dalam kegiatan di lapangan nantinya,” kata Rizkianor Fauzi di Balangan, Rabu.

Baca juga: Petani di HST harapkan turun hujan

Rizki menuturkan kegiatan bimtek ini merupakan upaya dari pemerintah daerah untuk lebih memajukan sektor pertanian, melalui peningkatan kapasitas para petani di Kabupaten Balangan.

Rizki melanjutkan kegiatan biimtek digelar selama empat hari dari 6 sampai 9 November 2023, dalam kegiatan tersebut pihaknya menghadirkan narasumber dari Tim Belai Besar Pelatihan Pertanian Binuang, Kementerian Pertanian dan menggandeng Lembaga Jembatan Ilmu.

“Semoga para petani kita dapat memaksimalkan bimtek ini dengan baik, agar ilmu yang sudah didapat pada kegiatan ini bisa diaplikasikan di lapangan,” tutur Rizki.

Sementara itu salah satu Kepala Bidang DKP3 Balangan Yulianti, menilai bimtek ini selain bertujuan untuk peningkatan pengembangan kapasitas juga merupakan bagian tahapan dari proses penyebaran inovasi kepada petani.

"Jadi masalah pertanian bukan hanya masalah teknologi, tapi juga bagaimana mendiseminasikan informasi pengetahuan sampai ke petani," ucap Yulianti.

Baca juga: Kemarau panjang jadi berkah bagi petani di HSU

Yulianti menambahkan, melalui kegiatan ini juga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para petani untuk menciptakan petani yang maju dan berwawasan.

Diketahui kegiatan Bimtek Peningkatan Kualitas Kelompok Tani di Balangan tersebut dihadiri sebanyak 177 petani di Kabupaten Balangan serta empat Koordinator Balai Penyuluh Pertanian.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023