Kafilah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mendapatkan tiga tiket final pada Seleksi Tilawatil Qur’an dan Mushabaqah Al Hadits (STQH) Nasional ke-XXVII periode 2023 di Bumi Melayu Lancang Kuning, Jambi yang berlangsung 29 Oktober-7 November 2023.
 
Ketua Tim MTQ Bidang Penerangan Agama Islam, Zakat dan Wakaf (Penaiszawa) Kanwil Kemenag Kalsel MMahallisaat dikonfirmasi di Banjarmasin, Senin, mengatakan tiga peserta Kalsel yang lolos ke fFinal pada cabang tahfiz dan tilawah.

Baca juga: Kemenag Kalsel kirim kafilah pada STQHN 2023 di Jambi
 
Pada cabang tahfiz meloloskan Difa Salma Pertiwi untuk Al-Qur'an 1-5 Juz dan dua tilawah bernama Nida Khairiah dan Mufidatul Husna.
 
"Kami bersyukur dan bangga anak-anak kita sudah berjuang dengan sangat maksimal untuk meraih prestasi ini," ujarnya.
 
Ia berharap tiga peserta putri dari Kalsel tersebut bisa meraih jjuar untuk mengharumkan nama Provinsi "Banua".
 
Kanwil Kemenag Kalsel mengirim kafilah 20 orang tahfiz dan tilawah pada ajang ttersebut untuk cabang tilawah anak-anak, tilawah dewasa, tahfiz dari 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz, dan 30 juz. Kemudian tafsir Bahasa Indonesia dan Arab serta hapal 100 hadis dengan sanadnya dan 500 hadis dengan sanad.

Baca juga: Juara umum MTQ Kalsel, Bupati Banjar serahkan bonus kafilah
 
Sementara itu, Kepala Bidang Penaiszawa Ahmad Bugdadi menilai hasil tersebut belum maksimal, namun tetap bersyukur karena tiga peserta Kalsel menempatkan peserta pada babak final.
 
“Melihat hasil pada babak penyisihan, secara umum peserta Kalsel berada di 10 besar. Artinya Kalsel bisa bersaing di semua cabang dan golongan, namun karena semua peserta juga adalah orang-orang terbaik, sudah barang tentu harus ada yang tersingkir," tuturnya.
 
Bugdadi berterima kasih kepada para pendamping dan pelatih yang sangat setia menemani para peserta kafilah Kalsel, sehingga bisa mencapai hasil yang menggembirakan hingga akhir babak penyisihan.
 
"Terima kasih semuanya dan mari kita siapkan para srikandi Kalsel untuk mengerahkan segala kemampuan pada laga final hari ini," ujarnya.

Baca juga: Wali Kota Banjarbaru evaluasi prestasi kafilah di MTQ Kalsel

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023