Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI) Sandiaga Uno mengajak Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) untuk mengembangkan dan memaksimalkan potensi pariwisata.

“Saya melihat Kalimantan Selatan memiliki banyak potensi pariwisata mulai dari wisata alam, budaya, hingga religi,” kata Sandiaga melalui keterangan tertulis di Banjarmasin, Sabtu.

Baca juga: Ruai Rindu Meratus pamerkan alam dan budaya Dayak Meratus

Sandiaga menuturkan hal itu saat acara peluncuran "Calender of Event" (CoE) 2024 yang dilaksanakan Dinas Pariwisata (Dispar) Kalsel di Kota Semarang, Jawa Tengah pada Jumat kemarin.

“Saya ingin peluncuran CoE ini dapat meningkatkan kunjungan wisata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kalimantan Selatan,” ujar Sandiaga.

Menurut dia, peluncuran CoE di Kota Semarang merupakan langkah yang tepat untuk mengenalkan potensi pariwisata Kalimantan Selatan ke seluruh masyarakat Indonesia. Apalagi wisata di Kalsel cukup komplit mulai dari alam, budaya, dan religi.

Sandiaga mengajak Pemprov Kalsel mempromosikan pariwisata dengan jargon 3G, yakni Gercep, Geber, dan Gaspol.

Pelaksana Tugas Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kalsel Nurul Fajar Desira mengatakan peluncuran CoE tersebut untuk rangka mempromosikan yang menjadi fokus agenda pariwisata Kalsel untuk periode 2024.

Baca juga: BI Kalsel promosikan UMKM dan pariwisata di Kota Surabaya

Menurut dia, upaya tersebut sangat tepat menjadi wadah pariwisata lokal Kalimantan Selatan agar semakin dikenal di kancah nasional hingga internasional.

Kepala Dispar Kalsel Syarifuddin menyebutkan peluncuran CoE menjadi agenda tahunan pihaknya untuk mengenalkan dan mempromosikan Kalsel ke luar daerah.

Ia mengungkapkan saat ini Kalimantan Selatan menjadi gerbang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, sehingga perlu mengembangkan potensi pariwisata untuk mempersiapkan daerah sebagai penyangga IKN.

“Kalimantan Selatan memiliki sumber pariwisata yang indah dan memiliki karakter yang layak untuk dipromosikan,” ujar Syarifuddin.

Baca juga: Pemprov Kalsel ingin Geopark Meratus jadi pendapatan berbasis pariwisata

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023