PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah meresmikan mobil "High Voltage Insulated Skylift" untuk Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB).
 
Mobil dengan teknologi sentuh langsung itu dioperasikan untuk Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palangkaraya dan UP3 Kotabaru bertepatan puncak peringatan Hari Listrik Nasional ke-78 tahun 2023.
 
General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin melalui keterangan tertulis di Banjarbaru, Selasa, mengungkapkan syukur atas tambahan armada baru bagi PDKB sentuh langsung tersebut.
 
"Alhamdulillah bertepatan momen Harlisnas ke-78 meresmikan dua unit mobil PDBK sentuh langsung yang total berjumlah 7 unit. Ini sebuah pencapaian luar biasa karena setiap UP3 memiliki mobil PDKB sentuh langsung," ujar Joharifin.
 
Ditekankan, era digitalisasi saat ini tuntutan pelanggan untuk listrik yang andal adalah mutlak dan tidak dapat ditawar seiring kemudahan setiap pelanggan mendapat akses layanan secara mobile dan transparan, demi layanan PLN semakin prima.
 
Menurut Joharifin, mandat yang paling utama adalah menjaga keandalan listrik ke pelanggan tidak padam menggunakan mobil "High Voltage Insulated Skylift. Jika ada perbaikan atau pemeliharaan, listrik tidak perlu dipadamkan sebab dapat dilakukan online atau bertegangan.
 
Pelepasan mobil "High Voltage (HV) Insulated Skylift" dan tim PDKB dalam rangka Bakti PDKB series III yang berlangsung dari 30 Oktober hingga 3 November 2023 di wilayah kerja UP3 Barabai. (ANTARA/HO-PLN UID Kalselteng)

 
"Hingga hari ini WO yang terlaksana sebanyak 2.976 dan energi yang terselamatkan sebesar 17.812.674 kwh atau setara Rp20,45 miliar dan kami optimis sampai akhir 2023 bisa tercapai semua target sebab sudah memiliki senjata tambahan baru untuk melaksanakannya," kata dia.
 
Selanjutnya Joharifin beserta jajaran manajemen PLN UID Kalselteng melepas Bakti Karya PDKB series III pada 30 Oktober hingga 3 November 2023 dengan target WO sebanyak 231 titik di lingkup wilayah kerja UP3 Barabai, total saving yang didapat sebesar 1,4 juta kWh atau hampir setara Rp2 miliar.
 
“Sebagai langkah preventif menghadapi musim hujan kami meluncurkan Bakti PDKB series III. Harapannya, bisa menurunkan jumlah gangguan agar masyarakat tetap merasakan listrik yang andal walau pun dalam musim hujan yang sebentar lagi datang," katanya.
 
Diketahui, PLN UID Kalselteng memiliki 8 Tim PDKB terdiri dari 58 personel tersebar di 5 UP3 se Kalsel dan Kalteng dimana pada 2023, jumlah work order (WO) ditargetkan kepada Tim PDKB sebanyak 4.827 dengan target energi terselamatkan sebesar 22.513.655 kilo Watt hour (kWh) atau jika dirupiahkan sebesar Rp25,77 miliar.
 
 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023