Wakil Wali Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan, Ogi Fajar Nuzuli melepas 236 jamaah calon haji asal kota tersebut dijadwalkan berangkat menunaikan ibadah haji tanggal 9 Oktober 2011 mendatang.


Acara pelepasan yang dipusatkan di Masjid Al Ikhlas Komplek PT PLN Wilayah Kalselteng Jalan Panglima Batur Banjarbaru, Rabu (5/10) diisi shalat hajat berjamaah yang diikuti seluruh jamaah calon haji. 


"Kami menghimbau setiap jamaah mempersiapkan diri sebaik-baiknya sambil menunggu keberangkatan yang tinggal beberapa hari lagi sehingga bisa berangkat tanpa hambatan," pesan wakil wali kota.


Menurut dia, menjalani rangkaian ibadah haji memerlukan kesiapan baik fisik maupun mental sehingga harus dipersiapkan sebelum keberangkatan agar selama di tanah suci bisa tenang dan khusu' beribadah.


Dijelaskan, kesiapan fisik dilakukan dengan menjaga pola makan dan istirahat yang cukup sehingga tubuh selalu dalam keadaan bugar dan siap melaksanakan rukun-rukun haji.


Sedangkan kesiapan mental dilakukan dengan banyak membaca buku-buku pengetahuan tentang ibadah haji maupun memperbanyak bacaan baik yang diperoleh sendiri maupun dengan ulama atau tokoh agama.


"Selama berada di tanah suci, setiap jamaah juga banyak bersabar dan harus bisa mengendalikan emosi karena berhadapan dengan orang-orang dari berbagai negara dan lingkungan yang berbeda," ujarnya.


Sesuai jadwal yang ditetapkan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin, rombongan jamaah haji Banjarbaru yang masuk dalam kelompok terbang 2 masuk asrama haji tanggal 8 Oktober 2011.


Kemudian, pada 9 Oktober 2011 pukul 17.45 Wita rombongan berangkat menuju Jeddah melalui Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 8102.


Selama berada di Mekkah, rombongan yang tergabung dengan jamaah dari Kabupaten Banjar dan Kota Banjarmasin menempati maktab Nomor 67 wilayah Bakutmah dan dijadwalkan pulang tanggal 16 November 2011.zal/B

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011