Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan menyiapkan tiga tempat alternatif untuk seremoni pembukaan Pekan Olahraga Nasional (Pomnas) XVIII pada 12--22 November 2023.
 
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan Hermansyah di Banjarmasin, Jumat, mengatakan awalnya pembukaan Pomnas 2023 digelar di Gelanggang Olahraga (Gelora) Paman Birin, namun sulit terwujud.

Baca juga: POMNAS XVIII Kalsel perebutkan 1.397 medali
 
"Karena pembangunan GOR Paman Birin diperkirakan tidak bisa betul-betul rampung sesuai jadwal pembukaan Pomnas tersebut," ujar Hermansyah.
 
Karena waktu sudah mepet, ujar dia, maka Pemprov Kalsel pun menyiapkan tempat alternatif sebagai pilihan, yakni Aula Rektorat Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru, GOR Hasanudin HM Banjarmasin, dan Stadion 17 Mei Banjarmasin.
 
Hermansyah menyampaikan pihaknya akan segera bertemu dengan Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (Bapomi) Kalsel untuk menentukan tempat pembukaan Pomnas tersebut.
 
Menurut dia, Gelora Paman Birin yang dibangun secara maksimal diharapkan bisa langsung dipakai untuk ajang olahraga mahasiswa nasional tersebut, namun menuai kendala saat penyelesaian karena kondisi cuaca saat ini.
 
Sebagai gelora kebanggaan masyarakat Kalsel yang berstandar nasional, dikatakan Hermansyah, proses penyelesaian pembangunan memang harus sempurna sesuai yang diharapkan.

Baca juga: Atlet Kalsel jalani seleksi untuk POMNAS XVIII

Dengan kondisi cuaca yang saat ini tidak menentu, kata Hermansyah, sebagian besar material bangunan didatangkan dari luar daerah menggunakan kapal laut sehingga terjadi keterlambatan.
 
Karena seluruh bagian kerangka bangunan dirakit di luar daerah dan membutuhkan waktu pengiriman.
 
"Kami sudah melakukan koordinasi dengan pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kalsel dan menyatakan Gelora Paman Birin diperkirakan belum bisa rampung hingga pembukaan Pomnas," ujarnya.
 
Tidak seperti pembangunan Lapangan Tenis Dharma Praja di Kota Banjarmasin yang rangka atapnya dirakit di Kota Banjarmasin.
 
"Kita pastikan kalau cabang olahraga tenis lapangan bisa menggunakan lapangan indoor Dharma Praja Banjarmasin tersebut," ucap Hermansyah.
 
Dia pun memastikan Kalsel memiliki beberapa tempat standar nasional yang bisa menjadi tempat acara seremoni pembukaan Pomnas yang diperkirakan diikuti 3.000 peserta dari berbagai kampus di Indonesia.

Baca juga: ITS Mandiri juarai seleksi Bapomi Kalsel cabor pencak silat

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023